Harta Karun Laut Indonesia Melimpah, Luhut Minta Prabowo Beli Kapal Canggih

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberi masukan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membeli kapal riset dengan perangkat canggih, khususnya untuk memetakan kekayaan laut dalam hingga potensi bencana.

“Saya bakal sorong kepada Pak Prabowo biar ini juga menjadi prioritas,” kata Luhut dikutip dari Antara, Rabu (15/5/2024).

Menurut dia, Pemerintah Indonesia mempunyai anggaran untuk membeli kapal eksplorasi untuk riset dengan perangkat canggih tersebut.

Ada pun salah satu kapal canggih untuk penelitian itu ialah OceanXplorer, milik lembaga nonprofit eksplorasi kelautan OceanX dengan nilai nan diperkirakan mencapai Rp3,5 triliun. Ia mengungkapkan untuk mempunyai kapal riset itu tak kudu mewah, namun utamanya dilengkapi peralatan canggih.

“Indonesia kudu lebih agresif, tidak bisa kudu menunggu, masa negara sebesar kita ini tidak punya kapal untuk penelitian,” katanya pula.

Untuk menyiasati itu, ujar dia lagi, kerja sama dengan lembaga lain baik dalam dan luar negeri perlu dilakukan untuk memetakan kekayaan alam hingga di laut dalam serta pemetaan potensi musibah nan berpusat di dasar laut.

Ada pun kapal milik lembaga nonprofit itu mempunyai peralatan canggih, di antaranya remote operated vehicle (ROV) alias perangkat nan bisa menyelam di kedalaman hingga 6.000 meter, beserta dua peneliti/operator di dalamnya, hingga laboratorium.

“Kami tidak kudu membikin kapal itu mewah, tapi dia mempunyai teknologi paling mutakhir dan di situ anak-anak muda Indonesia bisa belajar, itu seperti universitas terapung,” kata Luhut.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6