Google : Gemini Nano Membutuhkan Banyak RAM di Smartphone!

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Baru baru ini Google memperkenalkan perangkat Pixel 8 nan kabarnya bakal membawa Gemini Nano, sebuah Model AI baru milik Google nan bakal mulai tersedia tahun ini namun sayangnya pada Mobile World Congress kemarin, terungkap bahwa Gemini Nano tidak dapat melangkah di Google Pixel 8 lantaran keterbatasan perangkat keras nan tidak ditentukan. Kenapa perihal itu bisa terjadi? mari kita telaah lebih dalam.

Nah argumen kenapa Pixel 8 tidak bisa menjalankan Gemini Nano mungkin telah diungkapkan baru baru ini pada podcast Made by Google dimana menurut VP of devices and services software, Seang Chau mengatakan Pixel 8 Entry Level tidak mempunyai support RAM nan besar dan Gemini Nano sangat cocok untuk melangkah di Pixel 8 Pro yang datang dengan RAM 12 GB. Dengan kata lain, Google tidak mau menurunkan pengalaman dengan memaksa model AI melangkah hanya pada RAM 8 GB,

Baca Juga : Ada Backdoor Pada Utilitas nan Banyak Digunakan di Sistem Linux!

Nah menurut Chau, Google kabarnya menginginkan beberapa fitur berkekuatan AI, seperti smart reply, menjadi “RAM residen” dimana Ini berfaedah fitur tersebut “secara permanen” menempati sebagian memori agar fitur siap bekerja pada saat itu juga. Dengan kata lain, fitur ini bakal menyantap banyak RAM sehingga dengan ponsel 8 GB RAM pun itu tidak bakal maksimal.

Kabar baiknya untuk saat ini Gemini Nano mungkin tetap dalam pengembangan dan seperti dilansir dari Ars Technica, baik Pixel 8 maupun Pixel 8 Pro saat ini tidak menyimpan Gemini di memori, dan pengguna kudu mengaktifkan flag experimental untuk mendapatkannya.

Namun tentu meskipun Gemini Nano ini dikabarkan bakal menjadi teknologi nan bagus di perangkat Pixel terbaru, bakal cukup disayangkan jika instalasi nan tidak dibatasi bakal mengakibatkan hilangnya sebagian RAM sistem lantaran dipaksa untuk digunakan pada fitur ini. Selain itu beberapa pengguna mungkin bakal mempertanyakan fitur ini apakah mereka mau menggunakan Gemini Nano alias tidak memutuhkannya sama sekali.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys

Via : Ars Technica

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort