Gojek Perkuat Layanan Transportasi Jelang Mudik Lebaran

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Gojek menyatakan pihaknya terus berupaya menghadirkan jasa transportasi nan menunjang ragam kebutuhan mobilitas masyarakat, termasuk di momen libur Lebaran. Terlebih, di masa Lebaran ini, masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mudik.

Menurut Head of Transportation and Logistic Gojek Steven Halim, tradisi mudik di Lebaran memunculkan kebutuhan transportasi first mile dan las mile. Sebab, masyarakat membutuhkannya untuk menjangkau area transportasi publik seperti bandara, stasiun, alias terminal bus.

Pada masa Lebaran kali ini pun, Steven menuturkan, Gojek berupaya memberikan jasa terbaik lewat beragam opsi mobilitas, termasuk penawaran menarik nan bisa dimanfaatkan masyarakat.

Steven menuturkan, Gojek sendiri telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari tradisi mudik Tanah Air. Hal itu ditunjukkan dalam info internal Gojek 2023 nan menunjukkan terjadinya peningkatan perjalanan nan sangat signifikan di periode jelang Hari Raya Idul Fitri di tempat keberangkatan mudik.

Data tersebut juga menunjukkan puncak perjalanan menuju tempat keberangkatan mudik terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran. Sementara pada momen arus bali, tren peningkatan penggunaan GoCar terjadi pada H+4 dan H+5.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan jasa terbaik dengan hadirnya beragam opsi mobilitas, penawaran menarik nan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berjalan dengan lebih hemat, hingga akomodasi tambahan di area-area transportasi publik," tutur Steven.

Salah satu jasa nan siap mendukung kebutuhan mudik tahun ini adalah GoCar XL. Terlebih, peningkatan dalam jasa transportasi Gojek menjadi salah satu bagian nan berkontribusi pada peningkatan 4 persen pendapatan bruto unit upaya on-demand service GoTo alias Gojek sepanjang 2023.

Tren tersebut diprediksi juga bakal kembali terjadi mengingat Kementerian Perhubungan memprediksi potensi pergerakan masyarakat selama mudik Lebaran 2024 mencapai 193,6 juta orang. Jumlah itu meningkat dibanding 2023, dengan kereta api dan bus diperkirakan menjadi moda nan paling banyak digunakan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Gojek Hadirkan Layanan di Stasiun Whoosh

Selain jasa GoCar XL, Gojek juga menawarkan jasa GoCar Comfort bagi konsumen nan memerlukan jasa dengan armada kendaraan lebih baru dan nyaman. Ada pula jasa armada nan ekonomis dengan GoCar Hemat.

Gojek juga menghadirkan potongan nilai GoCar senilai Rp 200.000 untuk perjalanan pergi dan dari seluruh airport di Indonesia dengan kode GOBANDARA. Promo ini bertindak mulai 25 Maret hingga 30 April 2024.

Tidak hanya itu, Gojek turut menawarkan potongan nilai perjalanan GoCar hingga 95 persen unik perjalanan dari dan menuju stasiun Whoosh. Pengguna tinggal memasukkan kode GOWHOOSH di laman promo aplikasi Gojek.

Selain promo, Gojek juga menyediakan titip jemput dan titik drop-off nan bisa dipilih pengguna. "Khusus di stasiun Whoosh Halim, kami juga telah mengoperasikan customer lounge unik bagi pengguna setia GoCar," tutur Steven menutup pernyataan.

Ini Deretan Fitur Keamanan untuk Jaga Pelanggan dan Driver

Di samping itu, untuk mengantisipasi keamanan pelanggannya, penyedia jasa on-demand Gojek menerapkan perlindungan tambahan bagi para pelanggan.

Hal ini juga dipicu oleh momen libur menjelang Hari Raya Idul Fitri, di mana banyak orang bermobilitas. 

Data internal Gojek menunjukkan, pada periode jelang Lebaran 2023, terjadi peningkatan tren perjalanan masyarakat sampai 5 kali lipat menuju area transportasi publik, memakai jasa transportasi Gojek. 

SVP Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo mengatakan, "keamanan dan keselamatan merupakan prioritas utama. Prioritas tersebut ditunjukkan dengan pemanfaatan teknologi terkini untuk memberi rasa kondusif saat memakai aplikasi Gojek."

Gojek, kata Rubi, bekerja keras untuk menerapkan langkah perlindungan tambahan dan edukasi berkepanjangan untuk menciptakan budaya kondusif di ekosistemnya.

Fitur Keamanan di Gojek

Berikut adalah sejumlah fitur keamanan Gojek untuk membikin perjalanan pengguna lebih aman:

1. Fitur Bagikan Perjalanan

Pada awal perjalanan, fitur ini memungkinkan pengguna membagikan info ke kerabat alias orang terdekat. 

Informasi ini mencakup letak penjemputan dan pengantaran, info tentang driver dan kendaraan, status perjalanan dan perkiraan waktu tempuh, hingga jalur nan dipilih driver dalam perjalanannya. 

Selain untuk meningkatkan keamanan dengan membagikan perjalanan kita ke orang terdekat, fitur ini juga bisa menginformasikan perkiraan dan waktu tempuh perjalanan.

2. Tombol Darurat

Saat di perjalanan dengan Gojek/ GoRide dan terjadi kondisi darurat, Gojek membantu pengguna alias mitra driver melalui Tombol Darurat. 

Fitur ini terhubung dengan Unit Darurat 24 Jam nan datang di beragam wilayah operasional dan terlatih untuk merespon laporan dengan perspektif korban dan berkoordinasi dengan otoritas mengenai saar menangani keadaan darurat. 

Tidak hanya itu, tim Unit Darurat Gojek juga menyiagakan ambulans untuk kondisi darurat nan mungkin terjadi.

3. Titik Jemput Sesuai di Aplikasi

Gojek menyediakan ratusan titik jemput, area tunggu pengguna maupun shelter mitra driver nan ada di lokasi-lokasi strategis alias di area-area transportasi publik, mulai airport, terminal bus, stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan lainnya. 

Tidak hanya itu, Gojek juga memastikan kalau seluruh perjalanan Goride maupun Gocar dilindungi oleh asuransi, guna meminimalisasi akibat akibat selama perjalanan. 

Masih soal keamanan, Gojek juga menghadirkan fitur Verifikasi Muka mitra driver dan penyamaran nomor telepon (Number Masking). 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6