Garmin Rilis Descent G1 Solar Ocean Edition, Ramah Lingkungan dan Cocok Dipakai Menyelam

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Garmin menghadirkan tiga perangkat smartwatch mereka, nan ditujukan buat mereka nan suka diving alias menyelam yaitu: Descent G1 Solar Ocean Edition, Descent Mk3 Series, dan Descent T2 Transceiver.

Menurut perusahaan, ketiga perangkat ini dirancang untuk penyelam dari beragam tingkat kemahiran. Selain itu, "komputer selam" Garmin ini juga bisa dibawa olahraga lain seperti lari trail, renang, lari, bersepeda, mendaki, mendayung, ski, dan golf.

Untuk Descent G1 Solar Ocean Edition, datang dengan perangkat nan ramah lingkungan, serta punya fitur-fitur nan mendukung pengalaman menyelam, serta untuk style hidup aktif sehari-hari.

Bagian housing, bezel, dan tombol dari smartwatch Garmin ini dibuat dari plastik daur ulang nan diperoleh dari laut.

Selain konstruksinya nan ramah lingkungan, Descent G1 Solar Ocean Edition juga dilengkapi dengan lensa pengisian daya tenaga surya.

Fitur tersebut memungkinkan penyelam menjelajah lebih lama dengan masa pakai baterai hingga 25 jam dalam mode selam, alias hingga 124 hari dalam mode smartwatch.

Sky Chen, Director of Garmin Southeast Asia, melalui siaran pers, dikutip Rabu (22/11/2023) mengatakan ini adalah produk pertama mereka dengan komponen nan terbuat dari plastik daur ulang.

"Pada Descent G1 Solar Ocean Edition, kami memanfaatkan material nan dulunya berisiko merusak kediaman laut dan mengubahnya menjadi bagian-bagian untuk membantu menciptakan komputer selam ramah lingkungan nan dibuat untuk mengeksplorasi lautan," kata Chen.

Ray Woolley, memecahkan rekor sebagai penyelam tertua di bumi selama 3 tahun berturut-turut. Dalam rangka merayakan ulang tahunnya nan ke 96 tahun, Ray menyelam menjelajahi buntang kapal Zenobia nan karam di Teluk Larnaca, Siprus. Ia menyelam samp...

Proses Pembuatan Descent G1 Solar Ocean Edition

Setelah plastik dari laut dikumpulkan di sekitar perairan, plastik tersebut disortir, dibersihkan, dan dikeringkan. Plastik tersebut kemudian dilebur menjadi resin sebelum diperkuat dengan serat kaca dan diwarnai.

Kemudian bahan tersebut dibentuk untuk menciptakan corak housing jam tangan, bezel, dan tombol, lampau dipadukan dalam komputer selam nan kokoh dan ramah lingkungan nan dirancang untuk membantu pengguna menyelam.

Fitur-fitur lainnya di Descent G1 Solar Ocean Edition, di sini ada beberapa mode penyelaman untuk penyelaman single dan multiple gas (termasuk nitrox dan trimix), gauge, apnea, apnea hunter, dan closed-circuit rebreather. 

Pengguna pun bisa melacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan dengan teknologi pemosisian multi-frekuensi, Multi-band GNSS. Dengan aplikasi Garmin Dive, pengguna juga bisa menyimpan dan meninjau info hingga 200 penyelaman untuk kemudian dibagikan di sana.

Fitur-Fitur Descent G1 Solar Ocean Edition

Pengguna juga dapat menyesuaikan layar untuk memberikan info tambahan pada setiap mode penyelaman, serta menavigasi dengan mudah di bawah permukaan air menggunakan kompas selam 3 sumbu.

Dengan perangkat ini, dapat dilihat juga kondisi pasang surut terdekat langsung dari jam.

Ada juga fitur-fitur kebugaran seperti lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan, recovery time advisor, training status, saran olahraga harian, dan pencarian pernapasan sepanjang hari.

Lalu ada skor tidur dan pemantauan tidur tingkat lanjut, debar jantung berbasis pergelangan tangan, pemantauan daya melalui Body Battery, dan pencarian hidrasi. Pengguna juga dapat mengaktifkan fitur smart notificiation, serta penemuan kejadian kecelakaan.

Selain itu, Garmin juga mengumumkan kehadiran Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver, dengan teknologi sonar SubWave nan telah ditingkatkan. Pembaruan ini bakal menambahkan fitur pesan penyelam-ke-penyelam dan Diver Assistance ke tangki pemantauan tekanan.

Luncurkan Juga Descent Mk3 Series

Descent Mk3 Series datang dalam dua ukuran ialah 43mm dan 51mm, di mana terdapat opsi integrasi udara, serta menampilkan layar sentuh AMOLED nan dinamis.

Perangkat ini juga punya casing unik untuk menyelam hingga kedalaman 200 meter dengan logam anti bocor pada bagian tombol, dan masa pakai baterai hingga 48 jam dalam mode menyelam.

Descent Mk3i 51mm juga dilengkapi dengan LED flashlight internal untuk visibilitas lebih baik dalam kondisi sinar redup, apalagi di bawah air.

Descent G1 Solar Ocean Edition sudah bisa dipesan dengan nilai Rp 10.799.000, sementara Descent Mk3 Series tersedia dengan nilai mulai dari Rp 19.999.000, dan Descent T2 Transceiver bisa didapatkan dengan nilai Rp 8.399.000.

Garmin juga telah membuka pre order pada 15 November sampai 20 Desember 2023.

Di periode tersebut, konsumen nan memesan Descent G1 Solar - Ocean Edition dan Descent Mk3 Series bakal mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1. Pemenang bakal diumumkan pada Januari 2024.

Infografis Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6