Erick Thohir Tunjuk Fuad Bawazier Jadi Komut MIND ID, Grace Natalie Duduki Komisaris

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Grace Natalie Louisa menjadi Komisaris Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID. Ini jadi keputusan terbaru nan merombak jejeran komisaris.

Keputusan pengangkatan itu menjadi salah satu hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan MIND ID. Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso menerangkan ada pergantian bangku komisaris dalam RUPS.

Dalam keputusan RUPS itu, resmi mengangkat Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama MIND ID. Fuad menggantikan Doni Munardo nan sebelumnya wafat.

"RUPS Tahunan juga menyetujui pengangkatan Fuad Bawazier sebagai Komisaris Utama," ucap Hendri dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024).

Selanjutnya, pemegang saham juga menyetujui Pamitra Wineka sebagai Komisaris Independen.

Pemegang saham dalam RUPS MIND ID menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu dari posisi Komisaris. Jisman merupakan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"RUPS Tahunan menyetujui pengangkatan Grace Natalie Louisa sebagai Komisaris," kata Hendri.

Grace Natalie merupakan pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dalam aspek politik, Grace diketahui mendukung arah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga mendukung Prabowo Subianto di kontestasi Pilpres 2024 lalu.

"Dengan adanya keputusan susunan pengurus ini, diharapkan bisa membawa MIND ID untuk terus konsisten menciptakan nilai tambah di industri pertambangan nan sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan nan baik dan mengedepankan keberlanjutan, serta berkontribusi aktif bagi ekonomi Indonesia ke depannya," pungkas Hendi.

Daftar Dewan Komisaris dan Direksi

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama: Fuad Bawazier
  • Komisaris Independen: Muhammad Munir
  • Komisaris Independen: Pamitra Wineka
  • Komisaris: Astera Primanto Bhakti
  • Komisaris: Grace Natalie
  • Komisaris: Nicolaus Teguh Budi Harjanto

Direksi

  • Direktur Utama : Hendi Prio Santoso
  • Wakil Direktur Utama : Dany Amrul Ichdan
  • Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha : Dilo Seno Widagdo
  • Direktur Keuangan : Akhmad Fazri
  • Direktur Manajemen Risiko dan HSSE : Nur Hidayat Udin

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Anggota DPR Apresiasi MIND ID Dorong Hilirisasi Komoditas Tambang

Anggota Komisi VI DPR RI, Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade mengapresiasi pencapaian BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID dalam mendorong hilirisasi komoditas pertambangan. Andre juga memberikan pujian atas upaya MIND ID menjadi duta sektor pertambangan Indonesia dalam berkompetisi dengan korporasi global.

Dia mengatakan, MIND ID telah memegang peran kunci dalam menciptakan nilai tambah produk sumber daya alam nasional melalui pembangunan sejumlah proyek smelter. Langkah ini diyakini bakal memberikan kemakmuran bagi bangsa Indonesia. Dengan langkah progresif tersebut, dia meyakini bahwa MIND ID bisa membikin Indonesia mempunyai pengaruh nan lebih besar di pasar komoditas tambang global.

“Sudah saatnya kekayaan negara ini dikelola dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk tujuan kebangkitan dan kemakmuran bangsa demi Indonesia Emas. Melalui MIND ID kita bisa mewujudkan cita-cita mulia ini,” katanya.

Andre mengungkapkan, MIND ID kudu dapat bersaing dengan sejumlah perusahaan tambang kelas dunia. Apalagi, Indonesia menjadi kunci dalam rantai pasok komoditas mineral secara global.

Terlebih, dalam industri kendaraan listrik misalnya, Andre menerangkan bahwa Indonesia menjadi pemilik persediaan nikel terbesar di bumi dengan persediaan hingga 55 juta metrik ton. Sementara produksi nikel RI menyentuh 1,8 juta ton pada 2023 alias 50% dari total produksi global.

Ujung Tombak Hilirisasi

Di samping tu nikel, Indonesia mempunyai komoditas tambang lain nan bakal bisa membikin ekosistem produksi kendaraan listrik lebih mudah diwujudkan.

“MIND ID kudu menjadi ujung tombak dalam meningkatkan hilirisasi komoditas tambang nasional, sehingga pada akhirnya kami berambisi semua ikhtiar bakal berakibat pada peningkatan penerimaan negara termasuk kemakmuran Bangsa Indonesia.”

Dalam upaya memperkuat pengaruh Indonesia pada pasar komoditas global, MIND ID telah mendorong Indometal London Ltd untuk menjadi korporasi bergengsi internasional nan bisa memberi pengaruh pada pasar tambang dunia.

Di samping itu, Indonesia mempunyai untung nan besar dari sisi persediaan dunia komoditas mineral. Oleh karenanya, MIND ID beserta seluruh Anggota Holding perlu memperkuat integrasi dan kerjasama untuk memaksimalkan nilai tambah untuk Indonesia dari sektor pertambangan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6