Durian Indonesia Makin Populer di China, Ini Buktinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Pengembang Eskpor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi menyebut komoditas durian milik Indonesia sangat diminati di China dengan total perkiraan permintaan di tahun 2024 mencapai USD8 miliar.

"Yang paling trending topik itu durian. Durian itu mempunyai pasar nan sangat prospektif khususnya di China," kata Didi dalam aktivitas Kick Off Program New Export Breakthrough, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Didi mengatakan permintaan durian ini meningkat setiap tahunnya ke China, pada tahun 2022 permintaan durian mencapai USD4,5 miliar, kemudian di tahun 2023 USD6,7 miliar.

"Diperkirakan tahun ini juga naik lagi. Karena memang tetap menjadi tren disana," jelas dia.

Mengingat permintaan durian cukup besar, dia meminta kepada para petani perkebunan untuk terus meningkat kualitas terhadap buah tersebut.

"Kita terus menyampaikan kepada petani perkebunan bahwa ada permintaan nan cukup besar untuk diisi, apalagi permintaan China bisa mencapai USD8 miliar durian saja," terang Didi.

Durian Montong

Di China, lanjut Didi, sangat menyukai jenis durian Montong dan Musang King, sehingga pihaknya tengah mengembangkan kedua jenis durian tersebut di beberapa daerah, misalnya di Jawa Tengah, Sulawesi dan Palu.

"Kita sedang mengembangkan montong lokal seperti di Jawa Tengah ada Bawor kombinasi Montong dengan durian lokal. Di Sulawesi, di Palu juga sedang dikembangkan durian lokal nan besarnya kaya Montong, jadi dagingnya tebal," ucapnya

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6