Dorong Produk Indonesia ke Pasar Global, BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Kembali Hadir

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI kembali menggelar pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR nan tahun ini ini mengambil tema “Crafting Global Connection” alias merakit hubungan global. Pameran tersebut pun bermaksud untuk mendukung pengembangan upaya para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan bahwa UMKM kudu banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional, mengingat posisi UMKM nan merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Ia mengatakan, program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI untuk memajukan UMKM Indonesia.

"BRI memandang adanya kesempatan besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai mempunyai kualitas nan dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," ungkapnya.

Di sisi lain, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, BRI mempunyai enam instansi di luar negeri nan sudah bekerja sama dengan 1.200 bank.

“BRI juga membekali UMKM dengan beragam training nan telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global," ungkapnya.

Animo Peserta Tinggi

Pada tahun ini semangat pelaku UMKM di Indonesia meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari animo peserta nan lebih tinggi. Terdapat peningkatan sebesar 168% dari tahun sebelumnya dari segi jumlah UMKM pendaftar.

Tercatat 3.183 UMKM melakukan pendaftaran melalui website brilianpreneur.com. UMKM nan telah mendaftar pun telah menjalani kurasi hingga terpilih 500 pelaku UMKM nan dihadirkan pada showcase di Jakarta Convention Center.

Aspek kurasi nan dilakukan meliputi design penemuan produk, akibat sosial & lingkungan, keahlian ekspor, pencapaian UMKM dan apresiasi nan pernah diraih oleh UMKM Pendaftar.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR jenis kali ini menampilkan UMKM Indonesia nan telah dikurasi dan memenuhi standar global, namun tetap bertumpu pada sumber daya lokal, pemberdayaan organisasi lokal, dan kepedulian lingkungan.

Seperti diketahui, pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun lalu, pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli (buyer) dari beragam negara melalui business matching.

Kemudian untuk tahun ini, rangkaian aktivitas virtual business matching dilakukan pada 27-29 November 2023. BRI pun menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Canada, Belanda, Italia, Australia, New Zealand, dsb.

Ajak 700 UMKM

Pada pameran tahun ini, BRI membujuk 700 UMKM terkurasi nan meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni BRILIANPRENEUR, 6 UMKM bimbingan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 150 UMKM Local Heroes nan telah menjadi market leader dengan angan dapat memperluas impact upaya dan terkoneksi untuk bekerja-sama kepada UMKM lainnya.

Kemudian 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), 12 UMKM SMExcellence bimbingan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebut berasal dari beragam wilayah nan bakal menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.

Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini nan dapat berperan-serta ialah Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Nantinya, rangkaian aktivitas nan dapat dinikmati oleh visitor maupun UMKM diantaranya showcase 512 UMKM terkurasi, Inspiring talkshow, live shopping e-commerce, fashion show, shopping race, music performance, pojok konsultasi, foto produk gratis, UMKM Awards, Business Matching Award, Championship dan aktivasi-aktivasi menarik pada saat aktivitas misalnya lomba cipta local, workshop karya local, mix & match, make over stylist dan tetap banyak perihal menarik lainnya.

Beri Banyak Manfaat

Salah satu peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Co-Founder Havilla Tea Ajeng Respati Hapsari menjelaskan bahwa aktivitas tersebut dapat memberikan banyak faedah termasuk mendapatkan bekal wawasan.

“Kami mendapat pengetahuan hingga tips dan trick dalam menghadapi buyer internasional sehingga bisa dijadikan potensi sebagai pengguna tetap,” jelasnya.

Selain itu, Lead Kurator UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, Diana Nazir juga mengungkapkan, proses kurasi BRILIANPRENUER tahun ini cukup panjang.

“Kami telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, memandang langsung alias mencoba makanan alias produk secara langsung, serta interview dengan pemilik usaha," ungkapnya.

"Kami telah meloloskan UMKM nan siap dan layak masuk ke pasar global, tidak hanya dari aspek kreasi dan kemasan, tapi juga memenuhi syarat legalitas dan sertifikasi dari tiap jenis produknya,” jelas Diana.

(*)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6