Dilepas Jokowi, Ini Pesawat Pengangkut Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan baru tanah air, BBN Airlines Indonesia, hari ini memulai penerbangan pertama dari serangkaian misi pengiriman bantuan kemanusiaan. 

Sebagai perusahaan nan secara resmi telah ditunjuk langsung oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri untuk menjalankan misi dalam situasi kemanusiaan nan penuh tantangan, BBN Airlines Indonesia menyadari bahwa kontribusi sigap perusahaan bakal dapat sedikit meringankan beban dan memberikan angan bagi masyarakat nan membutuhkan, di tengah kesulitan nan sedang mereka hadapi.

”BBN Airlines Indonesia memandang ini sebagai bentuk nyata peran serta kami kepada masyarakat nan membutuhkan, didasari oleh komitmen terhadap nilai kemanusiaan dan tanggung jawab sosial perusahaan," kata Chairman BBN Airlines Indonesia, Martynas Grigas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Sebagai Capacity Solution Provider Airlines berilmu nan menyediakan jasa ACMI (Aircraft, Crew, Maintenance and Insurance) serta penyewaan pesawat (charter) komersial dan kargo, BBN Airlines Indonesia telah secara jeli mempertimbangan kapabilitas kargo nan tepat guna memastikan kelancaran dan efektivitas dalam memfasilitasi misi.

Pesawat jenis Boeing 737-800BCF, dengan nomor registrasi PK-BBA, digunakan pada penerbangan pertama nan mengangkut Humanitarian Aid Cargo dengan total berat mencapai 20 Ton. Adapun support kemanusiaan ini telah terkumpul atas bantuan dan kontribusi dari beragam pihak di Indonesia.

Bersama seremoni pelepasan nan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kargo nan dibawa oleh BBN Airlines Indonesia telah lepas landas dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP), Jakarta menuju Bandara Internasional El Arish (AAC), Mesir.

“Jalur penerbangan untuk pengiriman Humanitarian Aid Cargo hari ini bakal melibatkan beberapa perhentian untuk kebutuhan pengisian bahan bakar nan diperlukan. Perencanaan ini kami susun dengan mempertimbangkan kebutuhan operasional pesawat dalam perjalanan jarak jauh, untuk memastikan pengiriman nan efektif dan efisien, serta menjamin keamanan dan kesejahteraan seluruh kru nan bertugas,” jelas Martynas.

Beberapa Penerbangan

Sebagai bagian dari rangkaian misi, BBN Airlines Indonesia tetap bakal mengoperasikan beberapa penerbangan serupa ke depan.

Langkah ini utamanya diharapkan dapat memberikan faedah bagi nan membutuhkan, sembari sekaligus memperkuat ikatan solidaritas antar negara.

“Kami merasa bangga dan mengapresiasi kepercayaan pemerintah nan telah memberikan BBN Airlines Indonesia kesempatan untuk bisa menjadi bagian dalam misi support kemanusiaan. Kami juga mengapresiasi support dari Paragon Group, Angkasa Pura Logistics (APLOG), serta semua pihak, termasuk dari dalam maupun luar negeri, nan telah terlibat dalam menyukseskan pengiriman support kemanusiaan ini,” tutup Martynas. 

Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan Tahap 2 Indonesia untuk Warga Palestina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melepas support kemanusiaan tahap kedua dari Indonesia untuk penduduk Gaza, Palestina, Senin (20/11/2023). Bantuan tahap kedua seberat 21 ton ini diangkut oleh dua pesawat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

"Alhamdulillah kembali lagi pada pagi hari ini kita bakal mengirimkan support kepada saudara-saudara kita di Gaza sebanyak 2 pesawat nan bakal diangkut sebesar 21 ton," kata Jokowi saat melepas support di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (20/11/2023).

Adapun support nan dikirimkan Indonesia berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit (RS), makanan, hingga kebutuhan lain nan dibutuhkan masyarakat Gaza. Jokowi mengatakan ini berasal dari anggaran pemerintah, sumbangan perusahaan swasta, dan masyarakat Indonesia.

"(Bantuan) nan ini adalah berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makan dan peralatan keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat di Gaza," ujarnya.

"Bantuan ini berasal dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan, dari masyarakat antara lain dari PT Paragon Technolog and Innovation, Indonesia Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Baznas, dan lain-lainnya," sambung Jokowi.

Menuju Bandara El Arish

Dia menyampaikan support ini bakal diangkut dengan pesawat menuju Bandara El Arish, Mesir. Setelah itu, support bakal disalurkan ke Gaza melalui Mesir.

Jokowi memastikan Indonesia bakal terus memberikan dukumgan politik untuk Palestina. Dia menuturkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga aktif menggalang support agar gencatan senjata di Gaza bisa segera dihentikan.

"Sebagai salah satu utusan unik OKI Menteri Luar Negeri sedang berada di beberapa negara untuk menggalang support agar kekejaman di Gaza dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata, dan support kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu saudara-saudara kit di Gaza," tutur Jokowi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6