Daftar Titik Rawan Macet di Jalur Mudik Lebaran 2024: Tol Cipali hingga Pelabuhan Merak

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan beberapa titik krusial dalam menyambut arus mudik lebaran tahun 2024, utamanya untuk tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Pelabuhan Ketapang.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai membuka Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

"Kita mapping di tempat-tempat krusial dan mungkin kita tahu bahwa titik krusial itu di Cipali, lampau di Merak, lampau di Ketapang," kata Menhub Budi.

Menurutnya, pemetaan arus mudik lebaran di tiga titik krusial tersebut menjadi penting. Hal itu guna menangani kemacetan parah pada saat puncak mudik.

Tak hanya di darat, melainkan di laut juga ada titik krusial ialah berada di Batam, dan di Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan dan juga Madura.

Koordinasi

Lebih lanjut, guna mengatasi tiga titik krusial tersebut Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR hingga Korps Lalu Lintas (Korlantas).

Khusus untuk Tol Cipali, Kemenhub dengan Korlantas Polri bakal memberlakukan satu arah (one way), alias mengambil sebagian jalur dari arah sebaliknya (contraflow), dan ganjil genap bakal dilakukan jika diperlukan.

"Kami berbareng sudah menetapkan kapan melakukan contraflow, one way, ganjil genap. Kakorlantas sudah menetapkan bakal diberlakukan ganjil genap, jika one way dan contraflow bakal dilihat di waktu-waktu gimana keadaannya," pungkas Budi Karya Sumadi.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Menhub Buka Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi membuka posko terpadu angkutan lebaran tahun 2024 alias 1445 Hijriyah. Pembukaan posko ini sebagai upaya Kementerian perhubungan dalam melayani masyarakat nan hendak mudik.

"Hari ini adalah pembukaan posko pikulan lebaran terpadu 2024 alias 1445 H, saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak nan datang nan bekerja-sama untuk hari ini dan beberapa hari ke depan," kata Menhub Budi dalam pembukaan pikulan lebaran Terpadu tahun 2024, di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).Menhub mengatakan, pihaknya berupaya melayani nan terbaik sebagaimana nan diperintahkan Presiden, dan semua stakeholder mendukung amanah dari Presiden tersebut.

Oleh lantaran itu dalam momen lebaran kali ini mengusuh tagline "Mudik Ceria penuh Makna" yang diharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, dan berkesan.

Pergerakan 193,6 Juta Orang

Adapun kata Menhub, berasas hasil survei dari Kementerian Perhubungan arus mudik lebaran tahun ini menunjukkan peningkatan signifikan, dengan perkiraan jumlah mencapai nyaris 193,6 juta jiwa.

Budi menyampaikan nomor tersebut meningkat dibandingkan pergerakan masyarakat pada masa mudik Lebaran tahun 2023, ialah 123,8 juta orang.

"Tentu sudah mendnegar tentang srvei dimana 71 persen dari masyarakat bakal melakukan perjalanan, ada nan mudik ada nan berpariwisata alias dnegan ekuivalen 193,6 juta (jiwa) Angka ini insyallah sahih dan kenaikan nan tinggi dari tahun lampau 123,8 juta (jiwa)," ujar Menhub.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6