Daftar Terbaru Tiket Kereta Cepat Whoosh

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sudah menerapkan tarif bergerak untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh. Artinya, ada nilai tiket nan berbeda, baik untuk hari biasa, hari libur, hingga waktu-waktu tertentu.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, ada beberapa komponen nan jadi pertimbangan dalam penentuan nilai tiket tadi. Sebelumnya, diterapkan perbedaan antara hari biasa dan akhir pekan.

"Dulu hanya weekeday-weekend, sekarang gak hanya itu. Tapi semisal ada peak season, long weekend, dan kita lihat juga jam sibuk dan non jam sibuk," kata Eva di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Dia menjelaskan, sebelumnya nilai tiket Kereta Cepat Whoosh dipatok Rp 200 Ribu pada Senin-Kamis. Sementara, di Jumat-Minggu dipatok Rp 250 ribu untuk kelas premium ekonomi.

Namun, setelah adanya penyesuaian dengan tarif dinamis, besaran nilai tiket menjadi lebih beragam setiap harinya. Termasuk pada momen libur panjang seperti libur Tahun Baru Imlek kali ini.

Daftar Harga Tiket

"Semuanya rata Rp 200 ribu untuk premium-ekonomi, tapi jika weekday antara Rp 150 ribu - 200 ribu maksimumnya untuk ekonomi. Buat firstclass dan business tidak ada perubahan. Karena dynamic pricing hanya bertindak di kelas premium ekonomi," jelasnya.

Dia juga mencontohkan penerapan tarif kereta cepat bergerak berasas waktu di hari-hari nan sama. Ada perbedaan untuk penetapan nilai dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya.

"Weekday contohnya dari (stasiun) Halim ke Padalarang alias Tegalluar tarif Rp 150 ribu itu buat sore ke malam. Weekday maksimum Rp 200 ribu buat premium ekonomi. Kalau dari Padalarang/Tegalluar (menuju Jakarta) justru pagi nan Rp 150 ribu jika weekday. Jadi biasanya jika dari Halim itu pagi sampai siang nan penuh. Makanya kita lihat (penetapan tarif) berasas demand," tuturnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6