Daftar 10 Orang Terkaya di Timur Tengah 2024, Bukan Sultan Kaleng-Kaleng!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini menjadi tahun nan luar biasa bagi para Miliarder di dunia.

Forbes telah mengidentifikasi jumlah miliarder nan belum pernah terjadi sebelumnya, dengan total 2.781 miliarder di seluruh bumi masuk dalam daftar Miliarder Dunia tahun ini.

Angka ini meningkat 141 orang dibandingkan tahun 2023 dan 26 orang lebih banyak dari rekor tertinggi sebelumnya nan tercipta pada tahun 2021.

Kekayaan para miliarder ini juga meningkat, dengan kekayaan campuran mereka mencapai $2 triliun—$14,2 triliun lebih banyak daripada tahun lampau dan $1,1 triliun lebih banyak dibandingkan rekor sebelumnya pada tahun 2021.

Namun, miliarder Saudi tetap tidakhadir dari daftar Forbes untuk tahun ketujuh berturut-turut.

Pavel Durov, pendiri dan pemilik jasa pesan Telegram, sekarang menjadi orang terkaya di Timur Tengah dengan kekayaan bersih sebesar $15,5 miliar pada tahun 2024, naik dari $11,5 miliar pada tahun 2023.

Miliarder Mesir, Nassef Sawiris, tetap menjadi orang Arab terkaya di bumi dan menduduki ranking kedua di Timur Tengah setelah Durov, dengan kekayaan bersih sebesar $8,8 miliar.

Kekayaan Sawiris meningkat sebesar $1,4 miliar sejak tahun 2023, dengan salah satu aset paling berharganya adalah kepemilikan nyaris 6% di perusahaan busana olahraga Adidas.

Uni Emirat Arab mencatat jumlah miliarder terbanyak dalam daftar Forbes, serta kekayaan kumulatif terbesar, dengan total kekayaan bersih sebesar $55,1 miliar.

Dari jumlah tersebut, miliarder Timur Tengah juga menunjukkan kekuatan finansial mereka dengan total kekayaan campuran mencapai $100,9 miliar.

Berikut ini adalah daftar miliarder terkaya di Timur Tengah jenis Forbes 2024:

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Pavel Durov

Kekayaan Bersih: $15,5 miliar

Sumber Kekayaan: Telegram

Pavel Durov, pendiri dan pemilik jasa pesan Telegram, menjadi miliarder terkaya di Timur Tengah. Kekayaannya meningkat signifikan dari $11,5 miliar pada tahun 2023 menjadi $15,5 miliar pada tahun 2024.

2. Nassef Sawiris

Kekayaan Bersih: $8,8 miliar

Sumber Kekayaan: OCI, Adidas

Nassef Sawiris tetap menjadi orang Arab terkaya di dunia. Kekayaannya naik $1,4 miliar dibandingkan tahun 2023. Salah satu aset berharganya adalah kepemilikan nyaris 6% di perusahaan busana olahraga Adidas.

3. M.A. Yusuff Ali

Kekayaan Bersih: $7,8 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

M.A. Yusuff Ali memimpin LuLu Group International dengan pendapatan sebesar $8,4 miliar. Grup ini mengoperasikan 256 hipermarket dan mal di Teluk dan tempat lainnya.

Aset lainnya termasuk Waldorf Astoria di Skotlandia dan Great Scotland Yard Hotel

4. Hussain Sajwani

Kekayaan Bersih: $5,1 miliar

Sumber Kekayaan: Real Estate

Hussain Sajwani adalah ketua developer real estate mewah nan berbasis di Dubai, Damac Properties.

Ia memulai bisnisnya di upaya jasa makanan, melayani raksasa militer dan bangunan AS, Bechtel.

Pada tahun 2001 dia beranjak ke real estate dan menjual unit di gedung tempat tinggal dalam waktu kurang dari enam bulan.

5. Renuka Jagtiani

Kekayaan Bersih: $4,8 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

Renuka Jagtiani adalah ketua raksasa ritel Timur Tengah Landmark Group, nan berbasis di Dubai. Landmark didirikan pada tahun 1973 sebagai toko tunggal di Bahrain oleh mendiang suaminya

Saat ini, Landmark mempunyai 2.200 toko nan tersebar di 24 negara di Timur Tengah, Afrika, Asia Tenggara, dan anak benua India

6. Joy Alukkas

Kekayaan Bersih: $4,4 miliar

Sumber Kekayaan: Fashion & Retail

Joy Alukkas pergi ke Timur Tengah untuk membuka toko luar negeri pertama keluarganya pada tahun 1987 di Abu Dhabi.

Ia berakhir untuk meluncurkan merek Joyalukkas miliknya sendiri, nan sekarang mempunyai 100 gerai nan tersebar di India dan 60 gerai di luar negeri. Minatnya nan lain meliputi penukaran uang, mal, dan real estat.

7. Abdulla bin Ahmad Al Ghurair dan Keluarga

Kekayaan Bersih: $3,9 miliar

Sumber Kekayaan: Perhiasan mewah

Abdulla Al Ghurair mendirikan Mashreqbank, sebuah bank terkemuka di U.A.E. bank, pada tahun 1967.

Perusahaan induknya mempunyai kepentingan di bagian makanan, konstruksi, dan real estate; personil non-keluarga adalah bagian dari tim kepemimpinan.

Perusahaan konstruksinya mengerjakan pelapis eksterior Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, dan membantu membangun Dubai Metro. 

8. Naguib Sawiris

Kekayaan Bersih: $3,8 miliar

Sumber Kekayaan: Telekomunikasi

Naguib Sawiris adalah keturunan family terkaya di Mesir. 

Dia membangun kekayaan di bagian telekomunikasi, menjual Orascom Telecom pada tahun 2011 ke perusahaan telekomunikasi Rusia VimpelCom (sekarang Veon) dalam transaksi berbobot miliaran dolar.

Dia juga mengembangkan resor mewah berjulukan Silversands di Pulau Karibia Grenada.

9. Shamsheer Vayalil

Kekayaan Bersih: $3,5 miliar

Sumber Kekayaan: kesehatan

Shamsheer Vayalil adalah pendiri dan ketua Burjeel Holdings, jaringan rumah sakit, klinik, dan toko obat di Timur Tengah.

Ia beranjak ke Timur Tengah setelah menyelesaikan studi kedokterannya dan bekerja sebagai mahir radiologi di rumah sakit setempat.

Di dukung oleh ayah mertuanya, miliarder ritel M.A. Yusuff Ali, Vayalil memulai dengan satu rumah sakit di Abu Dhabi pada tahun 2007. 

10. Abdulla Al Futtaim & family

Kekayaan Bersih: $3,3 miliar

Sumber Kekayaan: Otomotif

Abdulla Al Futtaim adalah seorang konglomerat Al Futtaim Group, nan dijalankan oleh putranya Omar, nan merupakan wakil ketua dan CEO.

Pada tahun 1955, grup ini menjadi pemasok eksklusif di U.A.E. Toyota, dan tetap mempunyai pengedaran hingga saat ini.

Al Futtaim juga mempunyai lisensi untuk mengoperasikan Hertz, Ikea, Toys (R) Us, dan Marks and Spencer di U.A.E.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6