Cium Cuan, Agung Podomoro Sepakat Bangun Hunian di IKN Nusantara

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Badan Usaha Otorita (BUO) PT Bina Karya (Persero) dan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) telah menandatangani kesepakatan kerjasama tentang rencana pembangunan kediaman pada area ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Kesepakatan Kerja Sama ini merupakan langkah awal dari sinergitas dalam rencana pembangunan kediaman pada area IKN sebagai salah satu solusi menjawab kebutuhan kediaman di Kalimantan Timur.

Direktur Utama Agung Podomoro Land Bacelius Ruru menyatakan, IKN bakal dibangun untuk mencapai sasaran Indonesia sebagai negara maju sesuai visi Indonesia Emas 2045.

"Dibangun dengan identitas nasional, IKN bakal mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia sentris serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. Sebagai masyarakat nan baik, tentu kami merasa bangga dapat menjadi bagian dari visi Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi dalam pembangunan IKN," ujar Ruru dalam keterangan tertulis, Selasa (11/6/2024).

Rencana kontribusi Agung Podomoro di IKN sebelumnya telah disampaikan melalui surat minat investasi nan dikirimkan kepada Bina Karya pada Maret 2024 lalu.

"Kami berterima kasih kepada Bina Karya sebagai perpanjangan tangan dari Otorita IKN, nan dalam perihal ini melakukan tindakan nan berkarakter komersial dengan menanggapi surat minat kami," kata Ruru.

Ruru menjelaskan, Agung Podomoro sangat jeli memandang kesempatan di IKN. Terbukti dengan beragam proyek eksisting di Samarinda dan Balikpapan nan telah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Kedua kota tersebut merupakan pintu gerbang utama IKN.

"Kami optimistis ini bakal menjadi momentum pembuatan captive market nan menjanjikan bagi perkembangan sektor properti," imbuh Ruru.

Sesuai Prinsip IKN

Sementara Direktur Utama Bina Karya Boyke Prasetyanto mengapresiasi kerja sama dengan Agung Podomoro. Ia menegaskan, Agung Podomoro merupakan group developer besar dengan reputasi nan sangat kuat dalam membangun kediaman nan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Ini sangat sesuai dengan prinsip pembangunan IKN nan kami siapkan. Kerjasama ini semakin memperkuat kepercayaan kami untuk membangun IKN sebagai ibu kota masa depan," ungkap Boyke.

Menurut dia, sebagai tahap awal Agung Podomoro bakal melakukan pembangunan kediaman nan diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN). Ke depan, perusahaan properti itu diharapkan turut membangun area kediaman komersial di IKN.

"Jadi pembangunan tidak lagi berupa persil, melainkan kami harapkan sudah berupa area mixed use nan dapat digunakan oleh masyarakat," pungkas Boyke.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Jokowi-Prabowo Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sedangkan Ma'ruf Amin-Gibran di Istana Merdeka

Sebelumnya, pemerintah membagi peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di dua lokasi, ialah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan laman Istana Merdeka Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara HUT ke-79 RI di IKN, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin di laman Istana Merdeka.

"Sebagian di IKN, sebagian di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden nan mimpin (di IKN), Pak Wapres nan (mimpin di Istana)," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Jokowi nantinya bakal didampingi Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Ma'ruf Amin untuk upacara di Istana.

"Nanti Pak Wapres terpilih bakal mendampingi Wapres. Sedangkan Presiden terpilih bakal mendampingi Presiden," jelasnya.

Muhadjir memastikan akomodasi di IKN sudah siap untuk menyambut para tamu dan peserta upacara HUT ke-79 RI. Menurut dia, upacara juga bakal digelar secara hybrid sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat.

"Sama intermezo sama, kelak disini ada intermezo di sana (IKN) ada hiburan, kan hybrid," ujar Muhadjir.

Dia menyebut mantan presiden-wakil presiden nan datang dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN tetap dibahas. Muhadjir menuturkan Jokowi belum memutuskan apakah para mantan presiden dan wakil presiden bakal datang upacara di IKN alias Istana Jakarta.

"Itu nan tadi tetap diusulkan, tadi Pak Presiden merekomendasi pokoknya kudu jadi perhatian, tokoh tokoh itu kudu dapat perhatian soal kelak di sini alias di IKN kelak belakang," tutur Muhadjir. 

Persiapan Hampir Final

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 bakal digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Dia menyebut persiapan upacara HUT ke-79 RI di IKN sudah nyaris final.

"Untuk persiapan 17-an sudah nyaris final, enggak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu persatu, dari lokasi, venue, kemudian tata urutan upacara semuanya enggak ada masalah," kata Jokowi di IKN Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Dia menargetkan pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara Kawasan Istana Kepresidenan di IKN bakal rampung pada Juli 2024. Usai rampung, persiapan HUT ke-79 RI bakal mulai dilakukan.

"Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli nan di sini udah siap dan bakal mulai untuk persiapan 17 Agustus," ujarnya.

"(Sudah) 80-an persen interior eksterior semuanya dalam proses semua. Insya Allah (Juli) selesai lah selesai," sambung Jokowi.

Jokowi Berkantor di IKN Mulai Juli 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis bisa mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Juli 2024. Pasalnya, air bersih saat ini belum masuk ke bangunan-bangunan nan ada di IKN.

"Sangat optimis untuk kantornya. Ini tetap nunggu satu, air. Airnya (siap) Juli," kata Jokowi kepada wartawan di area Istana Kepresidenan, IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Dia mengatakan pasokan air baku sudah tersedia, setelah Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diresmikan pada Selasa, 4 Juni 2024. Hanya saja, air belum dialirkan ke gedung dan rumah-rumah di IKN.

"Tinggal ini menunggu pompa untuk meningkatkan air kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah nan ada di Ibu Kota Nusantara," ujar dia.

Jokowi sendiri sudah bermalam di rumah dinas Menteri PUPR nan berada di area IKN pada Selasa, 4 Juni 2024. Dia menyebut pemandangan di IKN sangat indah, baik saat mentari terbit maupun terbenam.

"Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR ya pagi sangat bagus sekali. Kemarin waktu Sunset mentari terbenam sangat bagus sekali dan ya suasana itu nan saya sampaikan. Tidur nyenyak sekali," tutur Jokowi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6