Cerita Sukses Merry, AgenBRILink yang Berhasil Dekatkan Akses Perbankan Warga di Sumbawa Besar

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Merry Nurazizah alias akrabdisapa Merry, menggeluti pekerjaan sebagai AgenBRILink. Hal ini membuatnya menjadi perihal nan tidak disangka-sangka karenma awalnya dia merasa sangat awam tentang transaksi perbankan dan beragam faedah nan bisa didapatkan, sebelum akhirnya menjadi seorang AgenBRILink nan sukses di daerahnya, Desa Maluk, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ya, AgenBRILink merupakan ekspansi jasa BRI di mana pemasok menyediakan jasa perbankan secara langsung. Layanan ini mencapai seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal). Meski baru digeluti Merry sejak Maret 2023, terbukti dia bisa mendekatkan akses perbankan untuk penduduk di daerahnya. 

Dengan demikian, penduduk Desa Maluk tak perlu lagi bersusah payah menempuh perjalanan berkilo-kilo meter dan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk setor tunai, tarik tunai, mencairkan biaya support sosial (Bansos), maupun melakukan pembayaran tagihan lain, ke instansi BRI Unit Sumbawa Besar. Hal ini lantaran adanya fitur Electronic Data Capture (EDC) mini ATM BRI di AgenBRILink tersebut. 

Meski begitu, menurut Merry, nan namanya membuka upaya di desa, tetap ada pasang surut, ditambah dengan minimnya modal tentu ini menjadi hambatan nan tak bisa dihindari. Oleh lantaran itu, selain melayani setor tunai, tarik tunai, transfer, bayar tagihan listrik, pulsa, top up dompet digital dan sebagainya, Merry juga membulatkan tekadnya untuk menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Merry pun bisa menyalurkan pinjaman kepada penduduk sekitar, seperti pinjaman KECE (Kredit Cepat) senilai Rp10 juta kepada masyarakat di sana.

"Untuk mencari para nasabah, bersosialisasi berbareng masyarakat sekitar menjadi kunci utama nan kudu dilakukan. Selain itu, kami aktif dalam melakukan promosi program-program BRILink," katanya.

Berkat penemuan nan dilakukan, Merry pun sukses menarik minat para pengguna untuk menggunakan jasa AgenBRILink. Semangatnya untuk terus belajar dari para pemasok lainnya juga menjadi modal berbobot dalam mengembangkan usahanya. Meskipun libur lebaran tiba, Mery tetap setia menjaga layanannya tetap melangkah tanpa henti. Keputusannya untuk tetap buka selama liburan tidak hanya sebagai bentuk kesungguhan dalam melayani nasabah, tetapi juga sebagai upaya untuk mengejar program THR. 

"Selama lebaran tetap jalan tidak ada tutup, dan alhamdulilah semakin ramai selama liburan, karna mau mengejar program THR jadi tidak ada libur," kata Mery.

Semangatnya nan tidak kenal capek semakin mengukuhkan kesan bahwa menjadi Agen BRILink bukanlah pekerjaan biasa bagi Merry. Ketika ditanya tentang motivasinya menjadi agen, Merry dengan tegas menyatakan bahwa dia merasa mempunyai tanggung jawab besar untuk menjaga kepercayaan para nasabah. Bagi Merry, kepercayaan itu adalah modal utama nan kudu dijaga dengan penuh integritas dan dedikasi.

Kisah sukses Merry Nurazizah sebagai AgenBRILink tidak hanya menginspirasi, tetapi juga menjadi bukti bahwa dengan kerja keras, ketulusan, dan semangat untuk melayani, setiap orang dapat mencapai kesuksesan dalam bagian nan dipilihnya. Semoga kisah perjuangan Merry dapat menjadi motivasi bagi banyak orang untuk tidak pernah menyerah dalam menggapai angan mereka.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, jasa AgenBRILink datang untuk memudahkan masyarakat untuk bisa mengakses jasa perbankan. Selain transaksi tarik tunai, juga terdapat jasa untuk kebutuhan harian masyarakat seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan jasa referral pembukaan rekening tabungan BSA maupun pinjaman, dan transaksi lainnya.

"AgenBRILink merupakan bukti nyata economic sharing nan dilakukan oleh BRI, lantaran fee nan diperoleh para pemasok bisa mencapai 2-3 kali lipat dari nan diterima oleh BRI. Dengan menjadi agen, masyarakat dapat meningkatkan pendapatan dan pada ujungnya dapat meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial mereka," kata Supari. 

Tercatat, sepanjang Kuartal I-2024 pemasok ini sukses membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8% year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per Kuartal I-2023. Peningkatan tersebut diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp370 triliun pada periode ini. Jumlah AgenBRILink juga meningkat 22,4% yoy dari 650.780 pemasok per akhir Maret 2023 menjadi 796.836 pemasok per Maret 2024.

(*)

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6