Cara Nonton Google I/O 2024: Bakal Ungkap Android 15, AI, dan Kejutan Lain?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google telah mengumumkan bakal menggelar event developer tahunan mereka, ialah Google I/O 2024.

Rencananya, Google I/O 2024 bakal digelar pada 14 Mei jam 10 pagi waktu setempat alias 15 Mei awal hari WIB di kanal YouTube Google.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, raksasa mesin pencari ini selalu mengungkap sejumlah info terkini tentang rencana Google di 2024 hingga mendatang.

"Temukan gimana kami memajukan misi kami untuk mengatur info dunia, dan membuatnya bisa diakses dan berfaedah secara universal," kata Google.

Belum diketahui apa saja nan bakal diumumkan kelak malam, namun sejumlah bocoran Google I/O 2024 sudah beredar di internet.

Mengutip dari beragam sumber, berikut adalah beberapa perihal nan bakal tampil di Google I/O 2024.

Android 15: Fitur Baru dan Integrasi AI nan Lebih Baik

Setiap tahunnya, Google selalu mengungkap sejumlah fitur baru apa saja nan bakal datang di OS perangkat mereka.

Karena itu, dapat dipastikan Google bakal mengungkap sejumlah fitur nan bakal datang di OS baru mereka, ialah Android 15.

Sejumlah bocoran tentang fitur baru Android 15, termasuk kirim pesan lewat satelit, widget baru--untuk tablet, dan kreasi bar status lebih ciamik.

Tak hanya, beberapa pihak meyakini Google juga bakal memperkenalkan fitur di mana pengguna dapat menyimpan info dan apps dari orang lain berjulukan Private Space.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

AI Cerdas di Inti Segalanya

 Chatbot AI Canggih Pengganti Bard, Kini Tersedia di Android dan iOS! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dapat dipastikan Google I/O malam ini bakal mengumumkan perihal baru tentang Gemini, di mana perusahaan bakal mengintegrasikan lebih lanjut AI mereka di Search, Chrome, Maps, dan G Suite.

Kejutan Pixel?

Google membikin kejutan dengan tiba-tiba meluncurkan Pixel 8a, bertepatan dengan debut iPad Air dan iPad Pro baru di aktivitas Apple 'Let Loose'. Padahal, banyak pihak yakini perusahaan bakal memperkenalkan perangkat barunya ini di I/O.

Berhubung sudah lebih awal diumumkan, apakah Pixel 9 bakal menjadi perangkat pengganti nan bakal diumumkan awal hari ini? Atau perusahaan bakal mengungkap info tentang Pixel Fold?

Diketahui, bocoran info tentang kedua HP Android ini sudah beredar di internet sejak awal tahun ini. Namun, sedikit terlalu awal untuk Pixel 9 series diumumkan.

Namun untuk lini Fold, perihal tersebut ada kemungkinan terjadi. Mengingat tahun lampau Google merilis Pixel Fold di I/O tahun lalu.

Bukan Pixel Fold 2, Google Pakai Nama Ini untuk HP Android Layar Lipat Baru

<p>Google Pixel Fold resmi diungkap jelang arena Google I/O 2023. (Doc: Google)</p>

Di sisi lain, Google Pixel Fold memang tidak sepopuler ponsel layar lipat merek lainnya, seperti Samsung, Oppo, alias Huawei.

Meski begitu, Google Pixel Fold pun dirilis dan menjadi ponsel layar lipat milik raksasa mesin pencari tersebut.

Alhasil, wajar jika perusahaan merilis lini penerusnya Pixel Fold 2. Namun laporan terkini menyebutkan, Google tidak bakal menggunakan nama tersebut untuk ponsel layar lipatnya.

Mengutip Android Authority, Rabu (17/4/2024), Google diyakini bakal menggunakan nama Pixel 9 Pro Fold untuk HP layar lipat barunya tersebut.

Tak hanya itu, besar kemungkinan Pixel 9 Pro Fold bakal debut di arena peluncuran pada Oktober tahun ini ketimbang Google I/O 2024 pada bulan Mei.

Bila memang benar, Google tidak hanya merilis dua smartphone seperti sebelumnya, tetapi bakal memperkenalkan empat ponsel.

Adapun keempat ponsel tersebut, antara lain Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Walau Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL adalah seri penerus Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, model Pixel 9 Pro disebutkan bakal tampil dengan ukuran lebih kecil.

Meski mirip dengan jenis standar, Pixel 9 Pro bakal dilengkapi dengan hardware lebih tinggi, termasuk chipset Tensor G4.  

Fitur Circle to Search Sambangi Pengguna Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

 Google)</p>

Di samping itu, fitur Circle to Search dilaporkan sudah mulai digulirkan untuk pengguna perangkat Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Seperti diketahui, fitur ini merupakan kerjasama antara Samsung dan Google.

Seperti namanya, fitur Circle to Search memungkinkan pengguna untuk mencari info mengenai gambar alias teks secara otomatis. Pengguna cukup melingkari alias mencoret objek nan tampil di layar, lampau info seputar objek tersebut bakal ditampilkan langsung di layar.

Setelah datang di seri Samsung Galaxy S24, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (4/2/2024), fitur ini sekarang sudah mulai menyambangi Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Sebelumnya, Google memang menyebut jika fitur ini bakal digulirkan ke pengguna Pixel mulai 31 Januari 2024.

Berdasarkan laporan sejumlah pengguna, kehadiran fitur ini dilakukan langsung melalui server. Karenanya, pengguna Pixel 8 dan Pixel 8 Pro tidak perlu melakukan pembaruan aplikasi alias firmware untuk bisa merasakan fitur ini.

Pengguna juga disebut tidak bakal menerima notifikasi andaikan fitur ini sudah bisa diakses. Untuk itu, pengguna kudu langsung menjajal fitur ini untuk mengetahui apakah Circle to Search sudah datang di perangkat mereka.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6