Cara Menghentikan Proses Windows Update di Windows 11

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Jika Anda mengalami kondisi dimana sistem rupanya melakukan pembaruan sistem padahal Anda tidak menginginkannya, apa nan biasanya Anda lakukan? mematikan hubungan internet?.

Nah langkah tersebut tentu tidak salah, namun bagi saya kurang tepat lantaran kelak ketika hubungan internet terhubung kembali, maka windows pembaruan bakal kembali melangkah dan proses pembaruan bakal kembali dilanjutkan. Lalu apa solusinya min?, nah solusinya kita bisa mematikan paksa proses Windows Update dengan perintah sederhana dari Command Prompt loh guys.

Seperti pada gambar diatas, Windows 10 Insider Preview nan saya gunakan malah tiba tiba diperbarui ke Windows 11 Build 26052, padahal saya tidak ingin, lampau gimana caranya menghentikannya?, jika Anda penasaran, berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Baca Juga : Cara Mendaftar Google One Untuk Kapasitas Drive 100 GB

Disclaimer : Langkah ini bisa dilakukan di Windows 7, 8 dan 10 juga guys, jadi tidak hanya bertindak untuk Windows 11.

Langkah 1. Pertama silahkan Anda buka Command Prompt run as Administrator.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan Anda masukan perintah berikut :

net stop wuauserv

Tekan enter dan perintah bakal langsung berjalan.

Setelah itu, proses Windows Update bakal terhenti.

Untuk menghapus file Windows Updates, kita bisa masuk ke berkas C:\Windows\SoftwareDistribution dan hapus semua berkas nan ada disana.

Nah berkas tersebut berisi semua file cache dari proses pembaruan baik aplikasi nan ada di Microsoft Store alias Windows Updates.

Dan untuk mencegah pembaruan kembali berjalan, kita bisa mengikuti tutorial Cara Memblokir Update Tertentu nan tentunya bisa dilakukan baik di Windows 10 dan Windows 11.

Kesimpulan

Windows Update memang merupakan komponen krusial nan ada didalam OS Windows, namun terkadang kita sebagai pengguna mau melewatkan pembaruan lantaran adanya laporan bug alias ada masalah lain seperti driver conflict dan semacamnya.

Dengan metode diatas, kita bisa menghentikan proses update, menghapus file windows pembaruan nan telah terdownload dan apalagi mencegah pembaruan kembali berjalan. Namun perlu diingat bahwa mengikuti langkah diatas bisa saja merusak sistem jika seandainya ada pembaruan nan memang krusial dan sangat dibutuhkan, jadi silahkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya guys.

Semoga bermanfaat.

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort