Cara Mengetahui Jumlah Core Processor di Windows 11

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Apakah Anda penasaran berapa sih jumlah core dari processor nan sekarang Anda gunakan?, tentu bagi para geek dan pecinta teknologi mengetahui perihal ini merupakan perihal nan sangat dasar lantaran dengan memandang brand dan model processor biasanya kita bisa langsung mengetahuinya dengan mudah.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya selain langsung mencari dari situs resmi penyedia procesor, kita juga dapat mengetahui jumlah core procesor dari Windows 11 loh.

*Mengetahui berapa banyak core dari procesor nan kita gunakan tentu dapat membantu dalam banyak situasi tertentu, terutama saat kita bakal bekerja dengan virtual machine atau aplikasi lain nan memerlukan tenaga extra. Selain core, beberapa CPU juga bisa saja mempunyai Hyper-threading nan memungkinkan dua intruksi per core dihitung bersamaan.

Baca Juga : Bocoran Terbaru, Intel Matikan Hyper-Threading Pada Generasi Processor Terbaru

Dan berikut adalah beberapa langkah untuk mengetahui jumlah core prosesor di Windows 11.

Melalui Task Manager

Cara paling mudah dan paling umum adalah dengan membuka Task Manager. Pada bagian Task Manager > Performance > CPU, kita dapat memandang model jumlah core dan logical processor (hyper-thread) jika tersedia.

Seperti pada gambar diatas, dapat dilihat bahwa saya menggunakan processor Intel Core i7 10510U dengan 4 Core Processor nan mendukung Hyper-threading (Logical Processor).

Melalui Command Prompt

Selain melalui Task Manager, kita juga dapat mengandalkan Command Prompt run as Administrator dan memasukan perintah berikut :

wmic cpu get NumberOfCores,NumberOfLogicalProcessors

Nah contoh dari perintah tersebut bakal menampilkan info berupa jumlah core dan hyper-threading jika tersedia.

Melalui PowerShell

Sama seperti Command Prompt, kita juga dapat mengandalkan PowerShell untuk mengetahui jumlah core procesor nan kita gunakan. Cukup masukan saja perintah berikut untuk mengetahui info tersebut.

Get-WmiObject –class Win32_processor | ft NumberOfCores,NumberOfLogicalProcessors

Setelah itu Anda bisa memandang info dari jumlah core procesor nan Anda gunakan.

Mudah bukan?, umumnya tiga langkah diatas bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui jumlah processor nan Anda gunakan saat ini di Windows 11. Namun untuk memandang perincian spesifikasi dari processor tersebut, ada baiknya Anda memandang langsung pada situs penyedia processor tersebut.

Written by

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort