Cara Mengaktifkan Fitur Windows Sandbox di Windows 11

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Sama seperti Windows 10, Windows 11 juga mempunyai fitur nan berjulukan Windows Sandbox nan berfungsi serupa dengan aplikasi Virtual Machine, dimana ini memanfaatkan virtualisasi hardware untuk menjalankan kernel nan terisolasi pada Sandbox. Fitur Sandbox di Windows 11 ini secara default terinstal sistem operasi, dimana virtual OS ini hanya berukuran 100MB saja untuk selanjutnya dapat Anda manfaatkan untuk melakukan banyak perihal seperti menginstall dan menjalankan aplikasi mencurigakan.

Baca Juga : Cara Import Foto dari Iphone ke Windows 11 Menggunakan Aplikasi Photos

Nah sebelum melanjutkan ke langkah mengaktifkan Windows Sandbox, perlu diketahui bahwa fitur nan pertama kali diluncurkan di Windows 10 1903 ini hanya tersedia non Windows Home, dengan kata lain hanya dapat diaktifkan di Windows 10 / 11 Pro, Enterprise dan Education saja.

Cara Mengaktifkan Windows Sandbox di Windows 11

Langkah 1. Pertama pastikan Anda menggunakan Windows 11 Pro (bukan Home).

Langkah 2. Selanjutnya silahkan Anda klik Start > Kemudian ketik dan buka “Turn Windows features on or off“.

Langkah 3. Selanjutnya, pada jendela Windows features nan bakal muncul, silahkan Anda cari dan aktifkan opsi “Windows Sandbox”.

Langkah 4. Setelah Anda aktifkan, tunggu loading nan singkat, dan jangan lupa restart Windows 11 nan Anda gunakan.

Setelah itu, Anda sudah bisa menemukan Windows Sandbox pada App List di Start Menu nan selanjutnya bisa Anda buka dan gunakan untuk menjalankan banyak perihal baik menginstall aplikasi nan mencurigakan, membuka situs mantap dan lainnya.

Windows Sandbox di App List

Mengenai Windows Sandbox ini, setiap kali Jendela Windows Sandbox Anda tutup, semua history, info dan system Windows Sandbox bakal di reset dan dihapus, dan apalagi jika ada virus nan terinstalpun itu tidak bakal mempengaruhi system utama nan Anda gunakan. Kemudian ketika Windows Sandbox dibuka kembali, semua info dan isinya bakal menjadi baru layaknya belum disentuh sama sekali.

Nah fitur ini bagi saya sangat bermanfaat, gimana menurutmu? nan cukup disayangkan sih fitur ini hanya tersedia di Windows 11 Pro, Enterprise dan Education saja. Komen dibawah guys dan berikan pendapatmu.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort