Cara Menambahkan Indicator Capslock di Windows 11

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Untuk beberapa jenis Keyboard biasanya sudah menyertakan sebuah indicator atau penanda pada capslock jika system berada dalam posisi Capslock On.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Windows Sandbox di Windows 11

Indicator ini sejujurnya sangat krusial lantaran kita bisa mengetahui posisi capslock, apakah itu On alias Off sehingga bisa mengurangi kemungkinan adanya pengetikan nan salah alias typo.

Namun, seperti nan kita tahu tidak semua keyboard mempunyai parameter tersebut, dan apalagi berbeda dengan beberapa pengedaran Linux seperti Elementary OS misalnya, Windows tidak mempunyai semacam parameter unik nan terintegrasi dengan system secara langsung.

Baca Juga : Cara Import Foto dari Iphone ke Windows 11 Menggunakan Aplikasi Photos

Lalu apakah kita bisa menambahkan parameter capslock tersebut? jawabannya bisa saja guys, dalam kasus kali ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi CapsLockIndicator yang bisa Anda dapatkan di GitHub.

Berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan Anda download CapsLockIndicator dari laman GitHub berikut.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan Anda double click pada file nan Anda download barusan untuk menjalankan aplikasi dan selanjutnya pilih preferensi tema yang mau Anda gunakan. Jika sudah klik Let’s Go.

Langkah 3. Setelah aplikasi terbuka, silahkan Anda aktifkan centang pada Caps lock di bagian Show icon for, Caps lock changed di bagian Show notification when, dan Start on logon agar setiap kali system dijalankan, aplikasi ini melangkah otomatis.

Setelah itu, setiap kali tombol capslock dalam posisi aktif, aplikasi Capslock Indicator bakal muncul dibagian System Tray, sehingga kita bisa mengetahui status Capslock dengan lebih mudah.

Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi Portable sehingga tidak ada langkah unik nan dapat Anda lakukan untuk menghapusnya seandainya Anda sudah tidak memerlukan aplikasi ini.

Nah menurutmu apakah indicator capslock di keyboard itu penting? komen dibawah guys.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort