Cara Membuat Aplikasi Web Copilot Via Progressive Web Apps

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Beberapa waktu lampau Microsoft melakukan Rebrand Bing Chat Jadi Copilot, dimana sekarang Copilot bakal menjadi jasa dan aplikasi terpisah sehingga pengguna nantinya tidak perlu lagi menavigasi ke Bing untuk mengaksesnya.

Untuk saat ini Copilot dapat Anda akses pada laman copilot.microsoft.com dan belum ada berita apakah Microsoft bakal membikin aplikasi unik dari Copilot nan bakal melangkah di beragam system operasi baik Desktop alias Mobile.

Di Windows 10 dan Windows 11, pada dasarnya Copilot memang telah ada dan dapat Anda akses kapanpun Anda mau, namun gimana dengan pengguna Mac alias Linux nan mau mencoba Copilot selain mengaksesnya menggunakan browser?, jawabannya tentu saja bisa guys, kita cukup manfaatkan saja teknologi web browser untuk membikin sebuah progressive web app.

Pada dasarnya nih dengan Progressive Web Apps kamu bisa merasakan pengalaman aplikasi layaknya menggunakan Native Apps. Hal ini lantaran PWA dikembangkan dengan sangat baik dan memang didesain agar seperti itu.

Lalu pertanyaannya, gimana Cara Membuat Aplikasi Web Copilot Via Progressive Web Apps? berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan Anda download dan install Microsoft Edge Chromium alias Google Chrome di system operasi nan Anda gunakan.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan Anda masuk ke laman copilot.microsoft.com.

Langkah 3. Untuk membikin PWA dari Copilot di Microsoft Edge, Anda cukup klik titik tiga dibagian kanan atas > Apps > Install this site as an app.

Setelah itu bakal muncul notifikasi sebagai konfirmasi, silahkan Anda klik Install.

Sementara itu, di Google Chrome Anda bisa klik pada titik tiga di perspektif kanan atas > Save and share > Create shortcut.

Selanjutnya silahkan Anda klik Create.

Langkah 4. Setelah Anda klik Install (Microsoft Edge) alias Create (Google Chrome), maka icon Copilot bakal tersedia di Taskbar untuk selanjutnya Anda buka, seandainya tidak muncul di Taskbar, Anda bisa menemukannya di App list di Start Menu.

Selanjutnya Copilot bisa Anda buka layaknya aplikasi biasa, Anda cukup login dengan akun Microsoft Anda dan Anda sudah bisa melakukan hubungan dengan AI Copilot ini.

Nah solusi ini adalah solusi paling mantap jika Anda mau mencoba Copilot di OS Mac alias Linux nan memang tidak mempunyai Copilot secara langsung dan untuk Anda nan mau secara sigap mengaksesnya tanpa kudu membuka Browser terlebih dahulu.

Untuk menghapus Copilot via PWA ini, Anda bisa menghapusnya secara normal dari laman Settings > Apps > Installed Apps.

Nah silahkan Anda coba guys, semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort