Cara Mematikan Fitur Auto Restart di Windows 11

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Apakah Anda pernah mendapati bahwa system Anda tiba tiba restart jika Anda tinggalkan dalam kondisi hidup?, jika iya maka kita senasib guys, dimana dalam kasus saya PC nan tidak pernah saya matikan ini terkadang auto restart sehingga menyebabkan banyak aplikasi nan harusnya terbuka malah tertutup lantaran kondisi tersebut.

Tutorial Lainnya :

  • Cara Download File ISO Windows 11 23H2 Dengan Media Creation Tools
  • Cara Menonaktifkan Touchpad di Windows 11
  • Cara Menggunakan Fitur Nearby Share di Windows 11
  • Cara Mengirim Tab Google Chrome ke Perangkat Lain – Tanpa Salin Link

Setelah di check, opsi hibernate, sleep dan lainnya di power options dalam kondisi never sehingga harusnya ini bukanlah kesalahan dalam pengaturan, selain itu perihal ini tidak pernah terjadi jika di system linux nan saya gunakan, alias apalagi di Windows 10 Pro nan juga dulu saya gunakan. Lalu kenapa?

Penyebab

Setelah mencari banyak tulisan dan tutorial, ada satu nan rupanya sangat berangkaian dengan masalah nan saya alami, dimana itu berangkaian dengan system failure pada startup & recovery, dimana jika ada kesalahan pada system, otomatis system bakal masuk ke kondisi auto restart.

Artikelnya bisa Anda baca pada laman MakeUseOf berikut.

Solusi dan Cara Mematikan Fitur Auto Restart di Windows 11

Nah lantaran saya tidak mau PC nan saya gunakan meninggal ketika saya tinggalkan dalam kondisi menyala, maka ada baiknya kita nonaktifkan saja fitur Auto Restart di Windows 11 ini, berikut adalah langkah singkatnya.

Langkah 1. Silahkan Anda buka Advanced system settings. (Ketik saja Advanced system settings di Windows Search untuk langkah cepat).

Langkah 2. Pada Advanced system settings, silahkan Anda klik pada tombol Settings pada bagian Startup and Recovery.

Langkah 3. Kemudian pada laman nan bakal terbuka, pada bagian System failure silahkan Anda disable opsi “Automatic restart”.

Selanjutnya klik OK dan selesai.

Setelah itu, harusnya system tidak bakal masuk ke kondisi Auto Restart, bakal tetapi jika kondisi tersebut maish Anda alami, mungkin ada aplikasi alias masalah lain nan menyebabkan system kembali mengalami auto restart, silahkan Anda cek menggunakan event viewer.

Artikel mengenai pembahasa Event Viewer bisa Anda baca pada laman berikut, meskipun tulisan lama harusnya isi dan langkahnya tetap sama mengingat Event Viewer tetap belum berubah sejak beberapa tahun lalu.

Nah itulah sedikit langkah untuk Mematikan Fitur Auto Restart di Windows 11, semoga langkah ini bermanfaat, terima kasih banyak.

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

Acer Swift X 14 Review Indonesia
Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort