Buktikan Ketertarikan Dunia, Otorita IKN Teken 5 Kerja Sama saat Lawatan di AS

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melakukan lawatan upaya di San Francisco, Amerika Serikat (AS), sepekan ini. dalam kunjungan ini, Otorita IKN sukses melahirkan total 5 kesepakatan kerjasama dalam corak MoU dengan beragam perusahaan dan lembaga pendidikan.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, kelima MoU ini menunjukkan kesukaan dan kepercayaan bumi internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern nan cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif.

"Keaktifan OIKN dalam mengundang seluruh kalangan dalam berperan-serta dan berinovasi dalam membangun IKN sebagai living lab merupakan langkah mewujudkan IKN sebagai kota bumi untuk semua," jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11/2023).

Bambang pun merincikan, di hari pertama kunjungan Senin, 13 November 2023, telah dilaksanakan penandatanganan MoU dengan tiga perusahaan teknologi ternama dari AS. Ketiga perusahaan tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Selanjutnya, pada tanggal 14 November 2023, penandatanganan MoU dengan Microsoft.

"Keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai corak partisipasi perusahaan dunia dalam pembangunan kota pandai di IKN," kata dia.

Cisco

Cisco adalah perusahaan nan mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan jasa solusi teknologi. Cisco bakal berperan-serta dalam instalasi perangkat kota pandai seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan info dan info di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini bakal berfaedah bagi beragam solusi teknologi pandai seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, gedung pintar, dan pengelolaan kota.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6