Brunei Bakal Bangun Kereta Super Cepat Lintas Negara, Tembus ke Malaysia hingga Indonesia

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan prasarana nan berbasis di Brunei telah mengumumkan proposal pembangunan kereta api berkecepatan tinggi alias kereta cepat pertama di pulau Kalimantan nan bakal menghubungkan Brunei dengan dua negara tetangganya nan lebih besar, Indonesia dan Malaysia, termasuk ibu kota negara tersebut di masa depan.

Dikutip dari Nikkei Asia, Rabu (3/4/2024), Brunergy Utama, perusahaan prasarana Brunei meluncurkan proyek tersebut pada akhir pekan, mengatakan bahwa Kereta Api Trans-Borneo bakal membentang sepanjang 1.620 kilometer dari sisi barat ke sisi timur Kalimantan, melintasi tiga negara Asia Tenggara. 

Menurut pengumuman tersebut, tahap pertama bakal menghubungkan Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat di Indonesia, dengan Kuching dan Kota Kinabalu, ibu kota negara bagian Sarawak dan Sabah di Malaysia, dan distrik Tutong di Brunei – serta wilayah barat dan barat, pantai utara pulau itu.

Tahap kedua bakal melangkah ke selatan dan menghubungkan Tutong dengan provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur di Indonesia, termasuk kota Samarinda dan Balikpapan.

“Dan nantinya bakal menjadi ibu kota Indonesia di masa depan, Nusantara,” kata perusahaan itu.

Indonesia berencana memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke kota baru nan sedang dibangun di pulau tersebut mulai tahun ini.

24 Stasiun

Akan ada empat terminal nan berfaedah sebagai hub utama jaringan kereta berkecepatan tinggi berbareng dengan total 24 stasiun, dan kereta peluru tersebut direncanakan melaju dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam, sesuai usulan. Proyek ini dilaporkan diperkirakan menelan biaya $70 miliar.

Prospek proyek ini, termasuk partisipasi dari Malaysia dan Indonesia, tetap belum jelas.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6