Bocoran Samsung Galaxy Watch FE: Punya Desain Cerah dan Tahan Banting

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Watch FE dikabarkan bakal segera rilis. Seiring dengan agenda perilisan nan kian dekat, banyak bocoran mengenai kreasi smartwatch ini. 

Salah satu leaker di X, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Kamis (6/6/2024), telah membagikan gambaran Galaxy Watch FE, mulai dari tampilan layar, hingga tali pengikat (strap) dari segala arah.

Jam tangan pandai ini bakal datang dalam tiga pilihan warna berbeda, ialah light blue, light pink, dan black.

Pada bocoran warna nan dibagikan, terlihat warna light blue dan light pink mempunyai tampilan nan cerah, sehingga cocok untuk pengguna muda.

Untuk perlindungan, Galaxy Watch versi baru ini mengusung material aluminium nan telah disertifikasi MIL-STD-810H. Jadi, menjamin ketahanan bodi Watch FE dari segala kondisi.

Tak hanya bodi nan kokoh, smartwatch ini juga tahan ditenggelamkan hingga 50M dibawah air, berkah perlindungan tahan air 5ATM/IP68.

Sebagai arloji untuk olahraga, Samsung Galaxy Watch FE mempunyai beragam sensor nan bisa mengukur beragam aktivitas di dalam tubuh.

Beberapa sensor di antaranya adalah kajian impedansi bioelektrik (Bioelectrical Impedance Analysis), sensor jantung listrik (Electrical Cardiac Sensor), giroskop, sensor geomagnetik, akselerometer, barometer, dan optik debar jantung.

Beralih ke layar, Galaxy Watch FE menggunakan panel Super AMOLED 1.2-inci beresolusi 396 x 396 pixel. Resolusi tersebut terbilang lebih dari cukup untuk menampilkan gambar nan tajam.

Google Pixel Watch meramaikan pasar arloji pandai nan telah lebih dulu dikuasai Apple dengan Apple Watch, serta Samsung dengan Galaxy Watch. Sejauh mana arloji pemantau kebugaran seperti ini bisa menarik konsumen baru? Lalu apa peran teknolo...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Spesifikasi Galaxy Watch FE

Untuk jeroan, arloji ini kemungkinan ditenagai chipset Exynos W920, prosesor ini mempunyai konfigurasi dual-core berkecepatan 1.18GHz.

Chipset ini ditemani dengan RAM 1.5GB dan penyimpanan 16GB. Meski terlihat kecil, spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk smartwatch.

Untuk menemani aktivitas dalam ruangan, baterai berukuran 247mAh telah terpasang di jam ini. Dengan kapabilitas tersebut, Galaxy Watch FE dapat memperkuat hingga 30 jam pemakaian.

Jam tangan ini mempunyai segudang fitur lain, ialah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4 GHz + 5 GHz, Bluetooth 5.0, NFC, GPS, microphone, dan speaker.

Galaxy Watch FE bakal menjalankan One UI berbasis Wear OS. Jam tangan pandai ini mendukung smartphone nan menggunakan Android 11 keatas dan ponsel nan mempunyai RAM 1.5GB.

Samsung Perkenalkan One UI 6 Watch, Bawa Fungsi Galaxy AI ke Smartwatch

Sementara itu, Samsung baru saja mengumumkan kehadiran fitur Galaxy AI nan ditujukan untuk smartwatch besutan mereka.

Menurut Samsung, kehadiran Galaxy AI di lini Galaxy Watch bakal bisa memberikan info Kesehatan nan lebih komprehensif bagi pengguna.

Mengutip info dari GSM Arena, Kamis (30/5/2024), Galaxy AI di smartwatch akan membantu menganalisis beragam metrik kesehatan pribadi, seperti rata-rata waktu tidur, konsistensi Waktu bangun, debar jantung saat tidur, serta variabilitas debar jantung.

Seluruh info tersebut bakal diolah untuk mendapatkan Energy Score nan bisa membantu pengguna mengetahui kondisi tubuhnya secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, AI juga berkedudukan memberikan tips motivasi dan pedoman Kesehatan lewat fitur Wellness Tips.

Adapun pembaruan Galaxy AI ini bakal datang berbareng dengan One UI 6 Watch. Sistem operasi khusus smartwatch itu pun juga bakal dibekali dengan algoritma kesehatan yang ditingkatkan dan kegunaan pencarian nan lebih canggih.

Fitur Galaxy AI di Galaxy Watch

Salah satunya adalah algoritma pelacakan tidur berbasis AI. Dukungan AI bakal memberikan insight nan lebih mendalam soal kualitas tidur, termasuk kajian dengan mempertimbangkan aktivitas saat tidur, debar jantung, dan tingkat pernapasan.

Sementara bagi pecinta olahraga, ada metrik baru seperti Aerobic Threshold dan Anaerobic Threshold Heart Rate Zone untuk aktivitas lari, Functional Threshold Power untuk pesepeda, serta Workout Routine.

VP and Head of the Samsung Galaxy Ecosystem Product Planning Team Junho Park menuturkan, dengan memperluas kekuatan Galaxy AI di seluruh ekosistem Samsung, mereka berupaya membuka semua kemungkinan baru dan kepintaran nan lebih baik bagi pengguna.

"Pengenalan Galaxy AI ke Galaxy Watch hanya awal dari proses ini dan kami sangat antusias untuk segera menampilkan lebih banyak integrasi di seluruh portofolio Galaxy," tutur Junho.

Rencananya, One UI 6 Watch bakal tersedia pada akhir tahun ini, dan program beta bakal dimulai pada Juni 2024.

Update ini bakal tersedia untuk smartwatch Galaxy Watch 4, Galaxy Watch 4 Classic, Galaxy Watch 5, Galaxy Watch 5 Pro, Galaxy Watch 6 dan Galaxy Watch 6 Classic.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6