Bertemu Sekjen D-8, Wamendag Bahas Penurunan Bea Masuk Antarnegara

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berjumpa dengan Sekretaris Jenderal Developing-8 (D-8) Isiaka Abdulqadir Imam pada Selasa 21 November 2023. Dalam pertemuan nan berjalan di Jakarta ini Wamendag membahas upaya peningkatan kerja sama di bagian perdagangan, termasuk implementasi D-8 Preferential Trade Agreement (D-8 PTA).

Jerry mengatakan, Indonesia menyambut baik kunjungan Dubes Imam ke Jakarta sebagai momentum untuk membahas rencana implementasi D-8 PTA.

"Terkait perihal ini, Indonesia telah menyelesaikan proses ratifikasi dan mengharapkan agar penerapan D-8 PTA dapat segera dimulai untuk meningkatkan hubungan perdagangan antarnegara personil D-8,” jelas dia dalam keterangan tertulis, rabu (22/11/2023).

D-8 PTA merupakan kerja sama penurunan tarif bea masuk antarnegara personil D-8 nan terdiri atas Bangladesh, Indonesia, Iran, Malaysia, Mesir, Nigeria, Pakistan, dan Turki. Tanggal dimulainya penerapan D-8 PTA perlu dibahas dan disahkan terlebih dulu oleh Supervisory Committee (SC) dan Trade Ministerial Council (TMC).

“Kami mengharapkan agar Sekretariat D-8 dapat menyelenggarakan pertemuan SC dan TMC untuk segera mengesahkan cut-off date alias tanggal dimulainya penerapan D-8 PTA. Indonesia siap berperan-serta untuk mendorong agar D-8 PTA dapat dilaksanakan secara efektif,” tambah Wamendag Jerry.

Sementara itu, Dubes Imam menuturkan tentang pentingnya mengenalkan D-8 kepada bumi usaha, di antaranya baik melalui forum jual beli ataupun penjajakan kesepakatan bisnis. Selain itu, Dubes Imam menyampaikan pentingnya pengembangan kapabilitas di bagian kepabeanan dalam rangka peningkatan fasilitasi perdagangan antarnegara personil D-8.

“Kami sependapat dengan Dubes Imam mengenai pentingnya meningkatkan hubungan dengan bumi upaya untuk mengenalkan D-8, termasuk rencana penerapan PTA. Selain itu, peningkatan kapabilitas di bagian kepabeanan bakal sangat mendukung peningkatan fasilitasi perdagangan,” jelas Wamendag Jerry.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6