Berkat Hacker, Game GTA 5 Akan Bisa Dimainkan di Android dan Nintendo Switch

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, terdapat bocoran nan mengungkapkan GTA 5 bakal bisa dimainkan di Android dan Nintendo Switch berkah support hacker.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (4/4/2024), hacker tersebut membocorkan source code komplit dari GTA 5 online pada Desember 2023.

Meskipun source code tersebut awalnya dijual dengan nilai mencapai USD 50.000, sekarang kode itu beredar luas secara online.

Berkat kode nan bocor itu, developer pihak ketiga dapat menggunakan kode tersebut untuk mem-porting GTA V ke beragam platform seperti Android, Linux, dan Nintendo Switch.

Kendati demikian, laporan ini memperingatkan bahwa portingan Grand Theft Auto 5 ke Android tetap dalam tahap awal.

Game GTA V hanya bisa menampilkan loading screen, dan diperlukan upaya nan signifikan agar game tersebut dapat dijalankan.

Sebagai referensi, source code di video game adalah sekumpulan petunjuk pemrograman nan bertindak sebagai cetak biru untuk game tersebut.

Developer biasanya merahasiakan kode ini untuk melindungi kekayaan intelektual dan mencegah penyalinan alias modifikasi tanpa izin.

Bocoran kode tersebut dapat memberikan akibat bagi Rockstar Games, selaku developer dan pemilik franchise Grand Theft Auto, nan berpotensi menyebabkan masalah seperti game bajakan, pemanfaatan keamanan, dan masalah norma atas pelanggaran kewenangan cipta.

Main GTA V bareng Pokopow dan jangan lupa juga tonton MABAR bareng streamer lainnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Dugaan Kebocoran Source Code GTA 5

Kebocoran source code GTA 5 disebut-sebut ada file tentang rincian GTA 6 dan Bully 2 nan terkandung di dalamnya.

Pengembang gim Rockstar mengaku sedang mengalami kesulitan gara-gara pembocor dan peretas nan mempublikasikan GTA 6. Sebab, itu adalah gim terbaru nan rencananya dirilis pada 2025, trailer-nya pun sudah bocor lebih dulu beberapa waktu lalu.

Insiden itu pun membikin developer gim kesulitan untuk merahasiakan proyek tersebut. Imbasnya tentu saja potensi pembocoran lain alias plagiatisme buahpikiran dari developer saingan.

Dilansir Dexerto, source code komplit GTA 5 diduga telah bocor secara online. Tampaknya ini adalah source code dari gim jenis 2022.

Artinya, kemungkinan besar kode tersebut mengenai dengan peretasan tahun 2022 nan awalnya membocorkan gameplay pertama GTA 6. Detail GTA 6 dan Bully 2 terdapat dalam bocoran GTA 5.

Di sisi lain, Rockstar belum mengomentari kebocoran ini dan isi berkas nan beredar, tetapi fans telah dihebohkan dengan spekulasi sehubungan dengan akhirnya mendapatkan buletin tentang franchise nan sangat digemarinya.

GTA 6 Mundur, Rockstar Games Ganti Jadwal Rilis ke Akhir 2025 alias 2026

Sementara itu, peluncuran dari Grand Theft Auto 6 bakal diundur hingga akhir tahun 2025 alias tahun 2026.

Kabar ini diungkap oleh Kotaku. Mengutip laporan Kotaku, Selasa (26/3/2024), argumen tanggal rilis GTA 6 mundur "karena produksi dilaporkan tertinggal."

Pihak Rockstar kabarnya merasa "gugup" dengan tanggal rilis GTA VI pada 2025, sehingga mewajibkan staf untuk kembali bekerja di instansi lima hari seminggu untuk menyelesaikan game tersebut.

Selain itu, tujuan Rockstar Games meminta staf untuk kembali WFO (Work from Office) lagi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurai kebocoran informasi.

Salah satu staf Rockstar mengatakan, masalah keamanan adalah perihal krusial dan menjadi sorotan perusahaan kenapa meminta tenaga kerja kembali WFO untuk menyelesaikan GTA VI.

"Kami perlu melakukan sebanyak nan kami bisa untuk mempersulit hacker masuk ke sistem," kata salah satu staf. Staf lain berpendapat, WFO alias WFH semestinya tidak mempengaruhi dalam produktivitas.

Peta GTA 6 Berukuran 2 Kali Lebih Besar dari GTA 5

Berdasarkan beberapa bocoran dan rumor beredar di internet, seri baru GTA akan mengambil tempat di sebuah kota fiksi mirip dengan Florida, berjulukan Leonida.

Walau Rockstar Games belum mengungkap secara resmi seperti apa bentuk GTA 6 maps, gamer dapat memandang seperti apa wujudnya berkah pengguna Discord AvatarSD.

Lewat akun @Lukedytchh di media sosial X--dulu berjulukan Twitter, ukuran peta GTA 6 2x lebih besar dari peta Los Santos di game GTA 5.

"Ada 3 kota besar dan 4 kota kecil, dan bakal ada waduk besar di tengah kota Leonida," katanya.

Bila memang ukuran peta ini benar, ketiga kota besar di GTA 6 ini bakal diadopsi berasas Miami, Atlanta, dan Orlando. Sementara Fort Myers, Tampa, Daytona Beach, alias Port St. Lucie sebagai empat kota kecil.

Perlu diingat, ini tetap sebatas bocoran dan rumor di internet. Kita bakal mengetahui lebih lanjut tentang game baru Rockstar Games ini jelang peluncuran 2025 mendatang.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6