Banjir Grobogan Akibatkan 4.309 Hektare Sawah Terendam, Ini Langkah Kementan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Grobogan Kementerian Pertanian siap membantu proses mitigasi banjir nan terjadi di Grobogan, Jawa Tengah. Pasalnya, banjir tersebut mengakibatkan terendamnya 4.309 hektare sawah dan memicu potensi puso alias kandas panen terjadi.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyebut, Grobogan merupakan salah satu wilayah penyangga pangan dan area pertanian nasional nan kudu dipulihkan.

"Grobogan salah satu kabupaten subur nan berpotensi mendorong Indonesia menjadi lumbung pangan dunia," sebutnya.

“Kami telah menginstruksikan jejeran untuk selalu siaga dan memantau perkembangan banjir di Grobogan, andaikan ada nan kandas tanam dan lahan nan puso, support bibit bakal segera kami luncurkan ke wilayah terdampak," jelas Amran.

Dirinya pun meminta kepada seluruh stakeholders di bagian pertanian untuk siap siaga mengamankan pertanian Indonesia dalam beragam tantangan nan terjadi.

"Saya telah menugaskan jejeran untuk melakukan lompatan demi kenaikan produksi padi dan jagung, maka segala persoalan nan terjadi di lapangan kudu segera diselesaikan dengan sigap dan tepat," ujar Amran.

"Tugas nan besar ini kudu kita lakukan dengan langkah nan tegap, demi menjaga ketahanan pangan untuk 270 juta rakyat Indonesia," imbuhnya.

Amran pun memastikan bahwa Kementan bakal memberikan support bibit gratis, terutama petani nan sudah mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

"Upaya-upaya itu bakal lebih mudah dilakukan dalam kondisi genangan air nan saat ini sudah mulai surut," ucapnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6