Balap Dayung Solu Bolon Bakal Digelar Meriahkan Kejuaraan Jetski Tingkat Dunia di Danau Toba

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap Aquabike Jetski World Championship 2023 bakal digelar di Danau Toba, pada 22-26 November 2024, pekan depan. Di tengah aktivitas ini, bakal digelar juga kejuaraan Balap Dayung Solu Bolon. Acara sampingan inj bakal dilaksanakanndi area Waterfront City, Pangururan, Samosir pada 24 November 2023.

Kompetisi ini bakal diikuti oleh Tim dari 8 kabupaten nan mengelilingi Danau Toba. Mereka bakal bertanding memperebutkan piala bergilir Danau Toba dan total bingkisan Rp 250 juta. Selain itu, bagi supporter terbaik bakal mendapatkan bingkisan sebesar Rp10 juta.

“Kompetisi Solu Bolon bakal menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan arena Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba. Dengan keikutsertaan tim dari kabupaten di sekitar Danau Toba, kejuaraan ini bakal menjadi bagian dari Pesta Rakyat nan meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat nan datang di Danau Toba,” ujar Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney, Maya Watono dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Maya menegaskan, sisipan arena budaya ini sebagai corak promosi ke mata dunia. Harapannya, bakal semakin menarik minat visitor untuk mengunjungi salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ini.

“Adanya kejuaraan Solu Bolon berbarengan dengan event internasional Aquabike Jetski World Championship merupakan upaya kami untuk terus melestarikan tradisi masyarakat sekitar Danau Toba, dan sekaligus memperkenalkannya kepada bumi internasional. Dengan begitu, bakal semakin banyak visitor nan tertarik untuk datang ke area Danau Toba,” kata Maya Watono.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumatra Utara, Hassanudin berambisi masyarakat bisa ikut menikmati suguhan balap kapal tradisional ini.

“Kami mau seluruh masyarakat di Sumatera Utara bisa menikmati keseruan kejuaraan Solu Bolon ini. Kami optimis Pesta Rakyat nan diselenggarakan dalam rangka Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba betul-betul bisa menjadi pesta nan dinikmati oleh para visitor dan juga masyarakat sekitarnya serta memberikan multiplier effect nan luas bagi Provinsi Sumatera Utara,” imbuhnya.

Informasi, Solu Bolon merupakan perangkat transportasi nan menghubungkan antar-kampung di sekitar Danau Toba dan menjadi salah satu tradisi dari Sumatera Utara. Solu Bolon merupakan kapal besar nan dulunya hanya dimiliki oleh orang-orang besar dengan status sebagai raja dan mempunyai pengaruh besar terhadap masyarakat di sebuah desa di area Danau Toba.

Okupansi Hotel Meningkat

Sebelumnya, Aquabike World Championship 2023 bakal digelar perdana di Danau Toba pada 22 hingga 26 November 2023. Dalam gelaran ini, 128 atlet jetski dari beragam negara bakal berkompetisi memperebutkan piala.

Dengan adanya gelaran kelas bumi ini, okupansi hotel di area Danau Toba naik jadi 80 persen. Para atlet termasuk juga penonton nan bakal menikmati balapan jetski bumi ini telah memesan bilik sedari jauh.

"Sudah meningkat di nomor 80 persen okupansi hotel di area Danau Toba," ujar ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Denny S Wardhana, dikutip dari Antara, Kamis (16/11/2023).

Okupansi hotel di Kabupaten seperti Samosir, Karo, Dairi, dan Toba itu diperkirakan bakal penuh ketika kejuaraan bumi itu berlangsung.

Ditambah dengan adanya kejuaraan Asia Pacific Rally Championship (APRC) grand final di area Danau Toba pada 24-26 November 2023.

"Bisa jadi, hotel penuh pada kejuaraan dimulai . Tapi, visitor nan tidak dapat menginap di hotel, bisa diganti dengan penginapan di rumah penduduk maupun 'guest house'," ucap Denny.

Ia mengatakan arena nasional maupun internasional di tempat pariwisata di Sumut tentu meningkatkan jumlah visitor lokal maupun mancanegara, secara otomatis meningkatnya okupansi hotel.

Pengeluaran Wisatawan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan dalam arena "sport tourism" alias wisata olahraga ini diproyeksikan bisa mendongkrak pergerakan visitor nusantara (wisnus) sebanyak 80 persen dari sasaran 1,2-1,4 miliar pergerakan, serta 20 persen kunjungan visitor mancanegara (wisman) dari sasaran 7,4 juta kunjungan.

Sementara proyeksi biaya nan dikeluarkan visitor saat menghadiri arena nan digelar pada 22-26 November ini diperkirakan visitor domestik bakal menggelontorkan biaya sekitar Rp 2-5 juta.

"Sementara wisman (mengeluarkan dana) sekitar USD 1.500 per pax alias per kunjungan. Ini untuk capaian devisa nan bisa tercapai USD 10-15 miliar," ujar Sandiaga.

Menparekraf merekomendasikan kepada visitor nan ke wilayah Toba dan sekitarnya untuk menjajal kuliner unik seperti ombus-ombus, arsik ikan mas hingga naniura nan kaya rempah unik tanah Batak.

Berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) alias InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung nan merupakan penyelenggara kejuaraan mengharapkan Aquabike Jetski World Championship tak hanya menjadi pesta olahraga tetapi juga menjadi pesta bagi masyarakat sekitar dan pengunjung.

Perdana di Danau Toba

Sebelumnya, sebanyak 128 atlet jetski dari beragam negara bakal berperan-serta dalam gelaran Aquabike World Championship 2023 nan perdana digelar di Danau Toba mulai 22 hingga 26 November mendatang.

Sebanyak 118 riders nan memanaskan persaingan bakal berasal dari negara-negara di luar Indonesia, sementara 10 riders sisanya merupakan local heroes dari dalam negeri.

Direktur Marketing InJourney Maya Watono selaku penyelenggara Aquabike World Championship mengeklaim, perhelatan nan berjalan akhir tahun ini bakal mengukir sejarah baru di Danau Toba.

Pasalnya, tak hanya menandai kali pertama terselenggaranya arena di waduk vulkanis terbesar dunia, Aquabike World Championship juga sukses menciptakan kerjasama perdana antara empat kabupaten di Danau Toba.

"Ini momen luar biasa, suatu momen nan pertama kali dalam sejarah. Tidak hanya pertama kali Aquabike Jetski World Championship diadakan di Danau Toba, tetapi kerjasama nan luar biasa dari 4 kabupaten nan tidak pernah terjadi dalam sejarah," ujarnya dalam konvensi pers peluncuran Aquabike World Championship di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Harapan kami, ini bisa terus bertambah sampai akhirnya kita bisa seluruh kabupaten di Toba, 8 kabupaten kita berasosiasi dengan united spirit of Lake Toba sebagai waduk vulkanis terbesar di dunia," tambah Maya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6