Axiata-Sinar Mas Teken MOU Penjajakan, Merger XL Axiata-Smartfren Bakal Lahirkan MergeCo

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Merger operator seluler XL Axiata dan Smartfren kian jelas setelah adanya kepastian jika Axiata Group dan Sinar Mas Group mengumumkan telah menandatangani nota kesepahaman tak mengikat untuk menjajaki rencana merger kedua operator.

Dalam keterangan juga disebutkan jika nantinya merger XL Axiata-Smartfren dilakukan, entitas hasil merger bakal berjulukan MergeCo.

Mengutip keterbukaan info Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (16/5/2024), rencana merger ini dilakukan dalam rangka menjadi penyedia jasa telekomunikasi nan lebih kuat di Indonesia, melalui MergeVo.

Meski begitu, perlu digarisbawahi jika rencana merger ini tetap dalam tahap awal.

"Rencana Transaksi ini tetap dalam tahap pertimbangan awal, di mana Axiata dan Sinar Mas mempunyai tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo," demikian tulis XL Axiata dalam keterbukaan info BEI.

Nantinya, tiap perkembangan krusial sehubungan dengan MOU Axiata dengan Sinar Mas bakal diumumkan lebih lanjut.

Belum Hasilkan Kesepakatan

"Pada saat ini, obrolan nan sedang berjalan antara para pihak belum menghasilkan kesepakatan alias penyelesaian Rencana Transaksi nan mengikat," tulis Axiata dalam keterangan resmi.

Dijelaskan lebih lanjut, pengesahan terhadap penggabungan dan pembuatan nilai bagi pemegang saham, uji tuntas, persiapan rencana upaya berbareng dan kesepakatan atas persyaratan krusial bakal menjadi aktivitas utama nan dilakukan selama tahap penjajakan nan diatur dalam MOU.

Nantinya, setiap perkembangan krusial nan berasosiasi dengan MOU XL Axiata-Smartfren merger ini bakal diumumkan kemudian.

Apabila perjanjian mengikat bakal ditandatangani kemudian hari, transaksi mengenai bakal tunduk para peraturan nan bertindak dan persetujuan korporasi serta pemerintah.

Baginya, bagian nan satu ini adalah bagian nan selalu berkembang dan sigap berubah

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

XL Axiata-Sinar Mas Diharapkan Beri Pengaruh Seimbang ke MergeCo

Usulan penggabungan upaya antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan dapat menyatukan skala, kompetensi, keuangan, dan skill telekomunikasi nan mendalam dari Axiata dan skala lokal serta pengetahuan pasar dari Sinar Mas.

"Kedua pihak diharapkan dapat memberikan pengaruh nan seimbang terhadap arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing," tulis Axiata lebih lanjut.

Axiata meyakini MergeCo bakal mempunyai kelincahan nan strategis, kompetensi dan keahlian nan mumpuni untuk memenuhi angan sekaligus permintaan nan semakin meningkat dari konsumen, bisnis, serta sektor publik di Indonesia.

"MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasi XL Axiata dan Smartfren," tulis Axiata menutup pernyataannya.

Manfaat Merger Operator Menurut Bos Sinar Mas

Rencana Transaksi bakal memberikan faedah bagi Indonesia, sektor telekomunikasi dan para pemangku kepentingan, dengan lebih efektif mendukung aspirasi dan kebutuhan digital Indonesia.

“Saat ini seluruh proses berjalan sesuai ketentuan dan izin nan diberlakukan Pemerintah Indonesia. Kami berupaya agar kehadiran entitas baru hasil konsolidasi dapat memberikan faedah tidak saja bagi para pemegang saham dan karyawan, namun juga khalayak pengguna serta industri telekomunikasi Indonesia pada umumnya,” jelas Managing Director Sinar Mas Ferry Salman, dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

Konsolidasi operasi menurut Ferry sejalan dengan strategi pengembangan portofolio upaya pilar upaya Sinar Mas nan proaktif membuka kesempatan memperoleh nilai tambah dari seluruh aktivitas upaya nan dilakukan.

“Sebagai bagian dari strategi ini, kami selalu mempertimbangkan beragam opsi, termasuk konsolidasi, untuk mempercepat pertumbuhan serta keberlanjutan upaya kami,” ujarnya.

Tak Jamin Rencana Transaksi Bakal Selesai dan Diimplementasikan

Setelah Rencana Transaksi selesai, entitas campuran ini bakal dikendalikan berbareng sesuai dengan syarat tata kelola nan bakal dibahas dan dirincikan.

Entitas campuran ini berambisi dapat memberikan pengalaman pengguna nan unggul di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham melalui sinergi dari kombinasi operasi Smartfren dan XL.

Para Pemegang Saham optimistis dan berkomitmen kepada masa depan telekomunikasi di Indonesia.

Penyelesaian Rencana Transaksi tunduk pada penyelesaian uji tuntas nan memadai, negosiasi, perjanjian dan penandatanganan perjanjian definitif dan kondisi tertentu nan diperlukan untuk penyelesaian (yang bakal dituangkan dalam perjanjian-perjanjian tersebut) sesuai dengan norma dan izin nan bertindak di Indonesia termasuk persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham dari masing-masing XL dan Smartfren untuk Rencana Transaksi.

Namun, Sinar Mas dan Smartfren tidak menjamin bahwa Rencana Transaksi bakal selesai dan diimplementasikan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6