AVISI Gandeng Kementerian dan Lembaga Perfilman hingga Google untuk Berantas Konten Bajakan

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI) bekerja-sama dengan sejumlah sektor pemerintahan, lembaga, dan pihak swasta untuk melawan konten bajakan di Indonesia.

Mereka antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham), Lembaga Sensor Film (LSF), Badan Perfilman Indonesia (BPI), serta dari sektor swasta ialah Google Indonesia dan Friend MTS.

Melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/4/2024), upaya nan dilakukan ini bermaksud untuk mendukung perkembangan platform streaming OTT di Indonesia.

Dukungan pemerintah dan industri terhadap AVISI untuk membatasi akses ke konten terlarangan bukan hanya tentang melindungi kepentingan ekonomi, tetapi juga tentang membangun fondasi nan kuat bagi keberlanjutan dan kemajuan keseluruhan bangsa Indonesia di era digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengaakan aktivitas ini merupakan langkah-langkah dan upaya krusial bagi peran pemerintah dalam mendukung AVISI, industri streaming dan industri perfilman.

 AVISI</p>

“Tujuannya agar dapat membangun pemahaman nan lebih baik tentang pentingnya menghormati kewenangan cipta dan menghentikan penyebaran konten ilegal, sehingga dapat menciptakan lingkungan nan lebih kondusif dan berbobot dalam mendorong pertumbuhan industri imajinatif dan ekonomi digital di Indonesia,” kata Semuel di aktivitas AVISI 2024 Indonesia Video Streaming Conference, nan bertepatan dengan peringati 1 tahun terbentuknya AVISI

Sementara Wakil Ketua Bidang Public Relation AVISI, Fachrul Prasodjo, menegaskan kerjasama antara pemerintah, industri, dan masyarakat sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran bakal pentingnya mengkonsumsi konten secara legal dan mematuhi izin nan ada.

“Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen pemerintah dan industri untuk membangun ekosistem digital nan berintegritas, inklusif, dan berkelanjutan, serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan sosial dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” ungkap Fachrul.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6