AS Jadi Contoh Nyata Fenomena Friendshoring, Apa Itu?

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyoroti adanya kejadian perubahan mitra jual beli berasas kedekatan sebuah negara alias disebut friendshoring. Salah satu nan disebut adalah pola perdagangan nan dilakukan Amerika Serikat (AS).

Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kemendag Kasan mengatakan, beberapa negara disinyalir melakukan praktik tersebut. Misalnya, Amerika Serikat nan beranjak memasok banyak peralatan dari Meksiko.

"Sebagai kebenaran lapangan, kita coba cek beberapa negara nan sleama ini apakah ada frienshoring misalnya. Misalnya untuk posisi ekspor-impor beberapa negata besar, Amerika, China, Jerman, India," ujar Kasan dalam Gambir Trade Talk, di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Dia mengisahkan, AS sebelumnya memasok banyak peralatan dari China. Namun, atas argumen tertentu, pasokan peralatan banyak dikirim dari Meksiko. Tindakan ini disinyalir merupakan praktik friendshoring dalam pola perdagangan luar negeri AS.

"Ternyata dulu misalnya Amerika marah ke China lantaran defisitnya sangat besar. Nah sekarang rupanya mungkin jika kita lihat saja 2023, suplier terbesar Amerika itu kan bukan China lagi tapi sudah bergeser ke Meksiko," tuturnya.

"Itu kan temennya dia tuh, tetangganya, kira-kira begitu," sambungnya.

Atas kondisi tersebut, Kasan mengaku mau membuktikan lebih jauh apakah perihal tersebut sebagai salah satu corak friendshoring. Termasuk bagi pola perdagangan antar negara lainnya.

"Jadi jika saya baca misalnya, sebetulnya Amerika sendiri mungkin dengan Eropa tidak banyak sebanarnya lantaran Eropa berdagangnya internalnya jauh lebih besar. Tapi adanya terminologi ini (friendshoring) itu mungkin nan juga bakal mempengaruhi," urainya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6