Apple bakal Rilis Aplikasi Password di iOS 18, Login ke Situs Jadi Makin Gampang

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple diperkirakan bakal secara resmi mengumumkan kehadiran sistem operasi barunya, iOS 18, di konvensi developer WWDC 2024. WWDC sendiri rencananya digelar minggu depan.

Namun, jelang digelarnya konvensi developer tahunan ini, sebuah laporan baru menyatakan jika Apple berencana meluncurkan aplikasi berjulukan Password.

Aplikasi Password ini, sebagaimana dikutip dari Mint, Jumat (7/6/2024), datang untuk memudahkan pengguna masuk ke situs web dan software favorit mereka.

Laporan Mark Gurman dari Bloomberg menyebutkan, aplikasi baru ini bakal membantu pengguna menghasilkan dan melacak kata sandi mereka.

Hal ini kemungkinan bakal didukung oleh jasa iCloud Keychain Apple dan bisa tersedia pada jenis berikutnya dari iPadOS, MacOS, iOS, dan VisionOS.

Cara kerja aplikasi Password

Dikatakan oleh Gurman, aplikasi baru ini bakal mirip dengan pengelola kata sandi (password manager) terkenal seperti 1Password dan LastPass. Apple juga memberikan pengguna keahlian untuk mengimpor kata sandi mereka dari aplikasi serupa milik pesaing.

Aplikasi Password ini mungkin termasuk daftar login pengguna nan dikelompokkan ke dalam kategori berbeda, seperti akun, jaringan WiFi, dan kunci sandi.

Dilansir dari Forbes, berita Apple bakal meluncurkan iOS 18 dengan AI semakin kuat. Fitur AI ini bakal diproses seluruhnya secara lokal, dalam ponsel itu sendiri

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mudahkan Pengguna Login

Apple bisa membikin seluruh proses menjadi sangat mulus dengan memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang kata sandi nan disimpan ke situs web dan aplikasi.

Dalam perihal ini, kata sandi juga bisa bertindak sebagai aplikasi authenticator, mendukung verifikasi nan mirip dengan aplikasi Google Authenticator.

Kemungkinan, aplikasi Password bakal menjadi konsentrasi utama pada konvensi developer WWDC pada 10 Juni mendatang.

Fitur AI Generatif di iOS 18

Selain aplikasi Password, perusahaan nan berbasis di Cupertino ini kemungkinan bakal mengungkap lebih lanjut tentang fitur AI generatif baru mereka nan datang ke iOS 18.

Laporan sebelumnya, tim internal di Apple memandang iOS 18 sebagai salah satu peningkatan software paling revolusioner nan pernah diperkenalkan oleh Apple.

Deretan fitur AI nan bakal diperkenalkan Apple via iOS 18 mencakup ringkasan notifikasi, penyuntingan foto instan, emoji AI, transkripsi memo suara, rekap pintar, peningkatan Siri, dan lainnya.

Upaya Apple dalam pengembangan kepintaran buatan semakin menarik setelah Apple dikabarkan menandatangani kesepakatan dengan OpenAI untuk memberi daya pada banyak fitur AI di iOS 18.

Peningkatan Kemampuan Siri Berkat AI

Sebelumnya, rumor menyebut iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini bakal dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap info baru tentang fitur baru apa saja nan bakal datang di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple bakal merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut bakal menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan kehadiran iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna semestinya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berfaedah ikon tersebut ditempatkan di luar grid biasa.

Walau fitur AI ini membikin banyak iPhone dan iPad tergiur, Gurman mengatakan jangan berambisi iOS 18 menyertakan jumlah perubahan kreasi seperti di iOS 7.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6