Aplikasi Photos vs Photos Legacy di Windows 10 / 11 – Apa Bedanya?

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Seperti nan telah kita tahu, berbarengan dengan perilisan Windows 11 Microsoft mengumumkan perubahan besar pada aplikasi Photos, dimana mereka memperbaruinya dengan mengubah tampilan dan menambah fitur baru didalamnya.

Namun jika Anda perhatikan, jika kita masuk ke aplikasi Photos nan baru kemudian masuk ke Settings, disana bakal memandang adanya opsi Photos Legacy.

Lalu apa sih bedanya aplikasi Photos dan Photos Legacy ini? sebenarnya membedakannya bukanlah perihal susah apalagi jika Anda sudah lama menggunakan Windows 10, dimana Photos Legacy adalah aplikasi Photos sebelum Microsoft mengumumkan aplikasi Photos baru berbarengan dengan dirilisnya Windows 11.

Baca Juga : Aplikasi Photos Baru Untuk Windows 11 Sudah Mulai Dirilis!

Aplikasi Photos Legacy ini sendiri merupakan aplikasi Photos lama dengan fitur Microsoft’s Legacy CollectionsAlbums, dan Video Editor.

Aplikasi Photos Legacy

Dan seperti pada gambar diatas, itulah aplikasi Photos Legacy nan memang telah menemani kita selama Windows 10 berdiri, aplikasi ini awalnya menggantikan aplikasi Windows Photo Viewer nan telah ada sejak era Windows XP dan kemudian terus dikembangkan hingga Windows 7 dan 8.

Sementara itu, Aplikasi Photos baru nan menggantikan aplikasi Photos Legacy adalah aplikasi nan datang berbarengan dengan Windows 11, dimana ada sejumlah fitur baru nan ditambahkan termasuk support OneDrive dan iCloud Drive. Sementara itu fitur Video Editor sekarang dihilangkan dan membikin aplikasi ini sepenuhnya menjadi aplikasi Photos saja.

Aplikasi Photos baru di Windows 11

Fitur Video Editor sendiri telah dipisah, dimana sekarang kita bisa menggunakan Microsoft Clipchamp hasil dari akuisisi nan dilakukan Microsoft terhadap Clipchamp. Baca Juga : Tingkatkan Fitur Editing Video, Microsoft Akuisisi Clipchamp.

Meskipun keduanya mempunyai nama nan sama, namun intinya Photos Legacy adalah jenis jadul dari Photos sebelum era Microsoft memperkenalkan Windows 11, dari segi fitur sebenarnya keduanya mempunyai fitur nan sama, ialah sebagai Photos Gallery nan juga dapat digunakan untuk Image Viewer.

Namun jika Anda mau menggunakan Photos Legacy, Anda bisa menjalankan dan menginstall keduanya secara berbarengan lantaran sekarang aplikasi tersebut dipisah menjadi dua bagian, oleh lantaran itulah namanya dibedakan dengan Legacy untuk nan jenis lebih lama.

Apakah Photos Legacy bakal dihapus dan ditinggalkan?

Mengenai perihal tersebut saya belum menemukan info perincian dari Microsoft apakah mereka bakal menghapus aplikasi ini seperti mereka menghapus Microsoft Edge Legacy dan menggantinya.

Kedepannya bisa saja perihal tersebut terjadi, namun untuk sekarang tetap belum ada kepastian lantaran keduanya tetap dapat digunakan berdampingan, apalagi Photos Legacy-pun tetap mendapatkan pembaruan dari Microsoft Store.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Photos vs Photo Legacy, intinya sih jangan bingung, nan satu adalah jenis baru, nan satu adalah jenis lama, itu saja.

Sumber : Microsoft

Written by

Gylang Satria

Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan & jangan lupa beli kitab saya di Google Play Book

Post navigation

Previous Post

 Desain Konsep Windows 10 Mobile Ini Bikin Geregetan
Sumber Teknologi WinPort
Teknologi WinPort