72.983 WNI Melancong ke Luar Negeri Lewat Bandara Soetta di Libur Panjang Isra Mi’raj dan Imlek

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Momen long weekend alias libur panjang Isra Mi’raj dan Imlek kemarin, rupanya banyak dimanfaatkan WNI untuk berpiknik ke luar negeri. Hampir 73 ribu WNI nan melintas di Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, pada saat liburan selama 4 hari tersebut.

“Long weekend kali ini dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke beragam wilayah. Tak hanya secara domestik, juga secara internasional,” ujar Subki Miuldi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta.

Berdasarkan info perlintasan, pada periode tanggal 2 hingga 6 Februari 2024, terdapat 72.983 WNI melintas keluar wilayah Indonesia. Jumlah tersebut mulai meningkat disaat menjelang libur long weekend.

Selain itu juga terdapat 35.395 WNA melintas keluar wilayah Indonesia. Dari info tersebut terlihat terjadi perlintasan keluar wilayah Indonesia nan cukup signifikan. Bahkan mencapai rata-rata lebih dari 14.000 WNI melintas keluar setiap harinya melalui TPI Bandara Soekarno-Hatta.

Di periode berikutnya, alias pada tanggal 7 hingga 11 Februari 2024, terjadi peningkatan jumlah kehadiran WNA sebesar 23 persen, jika dibandingkan dengan periode 2 hingga 6 Februari 2024, alias sejumlah 36.501. Sedangkan untuk WNI melintas kembali masuk sebanyak 83.880 pelintas..

“Hal ini menyiratkan, jika momen liburan panjang kali ini juga banyak dimanfaatkan oleh WNI untuk berlibur, serta menjalankan ibadah umroh ke Tanah Suci. Sedang WNA dimungkinkan memanfaatkan waktu ini untuk mengunjungi kerabat dalam seremoni tahun baru Imlek di Indonesia,” kata Subki

.Tempat Pemeriksaan Imigrasi

Lalu, selama periode tersebut, Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Soekarno-Hatta, telah menyiagakan penuh seluruh anggotanya. Selain itu, terdapat 78 autogate nan difungsikan, baik di Terminal 2 maupun Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan akomodasi autogate ini, pemeriksaan keimigrasian berjalan hanya 15-25 detik bagi setiap pelintas sehingga lebih praktis, mudah dan cepat. “Sejak tanggal 5 Januari lampau setelah diresmikan oleh Direktur Jenderal Imigrasi, terdapat 78 autogate sudah bisa digunakan, apalagi tidak hanya WNI, tetapi juga WNA dengan syarat dan kriteria tertentu,” ujarnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6