7 Keajaiban AI di Google I/O 2024 yang Akan Mengubah Dunia!

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali menggemparkan bumi teknologi dengan mengumumkan serangkaian penemuan AI teranyar mereka di Google I/O 2024.

Dari model AI lebih sigap dan murah hingga asisten universal cerdas, Google siap mengubah langkah kita berinteraksi dengan bumi digital.

Berikut adalah beberapa penemuan nan diumumkan Google dalam arena tahunannya mereka ini.

1. Gemini 1.5 Flash dan Update Gemini 1.5 Pro

Google memperkenalkan model AI baru berjulukan Gemini 1.5 Flash, dan diklaim lebih sigap dan efisien daripada generasi AI Gemini saat ini.

Model AI baru ini berada di antara Gemini 1.5 Pro dan Gemini 1.5 Nano, model terkecil perusahaan nan beraksi secara lokal di perangkat.

Raksasa teknologi itu mengatakan, Flash dibuat untuk developer nan menginginkan model AI lebih ringan dan murah daripada Gemini Pro.

Diharapkan, dengan model AI baru ini developer dapat membikin aplikasi dan jasa sembari mempertahankan beberapa hal, seperti jendela konteks hingga satu juta token.

Rencananya, Google tahun ini bakal menggandakan jendala konteks ini menjadi dua juta token.

Dengan keahlian ini, Gemini akan mampu memproses dua jam video, 22 jam audio, alias lebih dari 1,4 juta kata bersamaan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2. Project Astra

Google perkenalkan Project Astra di aktivitas Google I/O (Liputan6.com/Robinsyah Aliwafa Zain)

Perusahaan juga memamerkan Project Astra, jenis awal dari asisten universal didukung oleh AI.

"Agen AI jenis Google ini bakal dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari," kata CEO DeepMind Google, Demis Hassabis.

Dalam demo di Google I/O 2024, perusahaan memperlihatkan gimana seorang pengguna Astra bergerak di sekitar instansi Google di London.

Saat berkeliling memegang ponsel dan mengarahkan kameranya ke beragam hal, pengguna dapat berkomunikasi secara alami dengan Astra tentang apa nan terlihat.

Di salah satu momen video, model AI baru Google ini dengan tepat memberi tahu di mana letak kacamata saat pengguna bertanya apakah Astra tahu kacamata miliknya berada.

3. Ask Google Photos

Google Photos semakin pandai dengan keahlian AI baru. Anda sekarang dapat mengusulkan pertanyaan rumit, seperti "berapa nomor polisi mobil saya?".

Atau, Anda bisa mengusulkan pertanyaan untuk "Tunjukkan foto terbaik dari setiap kota nan pernah saya kunjungi".

Google Photos juga dapat membikin tayangan slide dan membagikannya ke media sosial secara otomatis.

4. Imagen3 dan Veo

Today we’re introducing Imagen 3, @GoogleDeepMind’s most capable image generation model yet. It understands prompts the way people write, creates more photorealistic images and is our best model for rendering text. #GoogleIO pic.twitter.com/6bjidsz6pJ

— Google (@Google) May 14, 2024

Model ini memungkinkan pengguna membikin gambar perincian dan terliat lebih realistis.

Google mengklaim, AI baru miliknya ini dapat mengatasi tantangan terbesar generator gambar berbasis kepintaran buatan, ialah teks.

Imagen3 dapat merender dengan baik semu prompt nan ditulis, dan menghasilkan gambar sesuai dengan keinginan.

Memiliki keahlian setara dengan OpenAI Sora, Veo dapat menghasilkan video resolusi 1080p berbobot tinggi dengan lama lebih dari satu menit.

Tak hanya itu, model AI milik Google ini juga dapat memahami bahasa alami dan istilah sinematik, sehingga hasil video bakal terlihat lebih menarik dan sesuai dengan visi.

5. Google Search

Google melakukan perombakan besar-besaran terhadap langkah kerja Search, di mana Anda dapat mengusulkan pertanyaan rumit untuk mendapatkan jawaban lebih informatif dan detail.

Contohnya, "buatkan saya rencana menginap 3 hari 2 malam di kota Bandung". Nanti, Google bakal memberikan sejumlah rekomendasi letak alias kuliner mana saja nan dapat didatangi.

Namun, fitur ini tetap baru digunakan secara terbatas di AS. Pengguna dunia dapat menikmati fitur baru Google Search ini pada akhir tahun.

6. Gemini di Android

The new Learning coach Gem uses LearnLM to provide step-by-step study guidance, helping you build understanding instead of just giving you an answer. It will launch in Gemini in the coming months. #GoogleIO pic.twitter.com/cjCQX9oRDO

— Google (@Google) May 14, 2024

Gemini bakal terintegrasi langsung ke Android, memungkinkan Anda untuk mengusulkan pertanyaan kontekstual tentang aplikasi, gambar, alias video nan Anda jalankan.

7. Google Workspace

Gemini sudah tersedia di Google Workspace beberapa waktu belakang, namun Google sepertinya sudah siap membawa fitur ini ke tahap selanjutnya.

Di Gmail, pengguna dapat minta Gemini merangkum info dari sekolah anak alias hanya dapat merangkum email nan panjang sehingga Anda tidak perlu melakukannya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6