5 Tips Fotografi Makanan Makin Bikin Ngiler, Cuma Pakai HP

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke kafe dan memotret makanan dengan estetik untuk dipamerkan ke media sosial namalain food photography sekarang manjadi style hidup nan banyak dilakukan oleh pengguna media sosial.

Alasannya sederhana, pengguna medsos mau membagikan konten estetik nan menarik perhatian, hingga membikin orang lain tergiur untuk mencicipi makanan tersebut.

Food photography pun bisa dilakukan tanpa perlu kamera profesional, melainkan cukup dengan kamera smartphone. Apalagi, sekarang smartphone menawarkan keahlian kamera nan tak kalah dari kamera profesional, salah satunya adalah Samsung Galaxy A35 5G.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, food fotography perlu menonjolkan perincian dari makanan untuk menunjukkan bentuk, tekstur, dan warna agar menggugah selera.

"Dengan Galaxy A35 5G, hasil food photography Anda bisa jadi auto like. Selain lantaran keahlian kamera utama 50MP nan membikin foto jernih, juga ada fitur seperti shot suggestion untuk menciptakan foto dengan komposisi sempurna," kata Ricky dalam aktivitas workshop Food Photography dengan Galaxy A35 5G di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Ricky menambahkan, Samsung Galaxy A35 5G juga mempunyai beragam mode dan kemampuan, mulai dari Pro Mode, Remaster untuk membikin hasil foto makanan lebih menggugah. Lalu ada pula Object/ Reflection Eraser untuk mendukung penyuntingan foto nan lebih mudah.

Meski memotret makanan terkesan mudah, Professional Food Photographer Marisa Djemat menyebut ada tantangan dalam menghasilkan foto nan terlihat menggiurkan seenak rasa makanannya. Tantangan nan dimaksud adalah pencahayaan hingga komposisi penataan makanan.

"Dengan pencahayaan nan pas, komposisi menarik, style nan kekinian dan device nan mendukung, kita bisa mendapatkan foto makanan nan estetik dan awesome. Untuk itu, Galaxy A35 5G bisa menjadi pilihan perangkat andal untuk ngonten food photography nan membikin orang lain ngiler," kata Marisa.

Marisa pun membagikan sejumlah tips nan biasa dia lakukan saat memotret makanan agar hasilnya kian estetik dan menggiurkan bagi orang nan melihatnya.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengenggam langsung ponsel baru Samsung Galaxy S23 series nan terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra. Seperti apa penampilan HP Android baru milik Samsung ini? Simak video singkatnya. C...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Pencahayaan nan Tepat

Pencahayaan nan baik bakal menonjolkan tekstur dan keseimbangan warna pada makanan. Untuk itu, sebaiknya gunakan pencahayaan alami, seperti sinar dari jendela alias pencahayaan dari samping untuk menonjolkan gambaran dan titik terang pada tekstur makanan.

Dalam kondisi pencahayaan rendah, kamera Galaxy A35 5G bisa diandalkan menghasilkan foto nan tajam dan jernih. Apalagi, ponsel ini didukung kamera 50MP dengan OIS, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 5MP.

Kemampuan Nightography nan dibawa HP ini mempunyai 4x multi-readout nan bisa mengurangi noise saat memotret dalam gelap, agar konten lebih maksimal.

"Pencahayaan sangatlah penting, lantaran tanpa sinar nan memadai, foto makanan bakal terlihat tawar dan tak punya rasa. Ketika dalam kondisi pencahayaan minimal, Anda butuh perangkat nan bisa mengoptimalkan kondisi nan ada untuk menciptakan foto makanan nan menggiurkan," kata Marisa.

2. Styling Hidangan

Usahakan untuk memikirkan konsep nan mau ditampilkan dan ambil waktu untuk melakukan styling. Misalnya, untuk menu Korea, Anda bisa memakai properti seperti sumpit, sendok stylish nan diletakkan di sisi makanan untuk hasilkan foto nan menggiurkan.

Lalu, tempatkan hidangan dengan proporsi nan tepat. Kamu bisa mengaktifkan grid pada kamera A35 5G dengan fitur Shot Suggestion. Ini merupakan fitur berbasis machine learning untuk membantu pengguna menghasilkan foto dengan komposisi paling ideal.

"Selalu tempatkan makanan dengan background nan tidak berbenturan dengan posisi sentral di frame, lantaran dialah bintangnya," kata Marisa.

3. Bermain Warna, Tekstur, dan Kedalaman dengan Efek Portrait

Marisa berkata, tips selanjutnya nan bisa dilakukan adalah dengan bermain warna dan tekstur mekanan, guna memberikan kontras visual nan menarik. Misalnya, untuk makanan Korea topokki nan condong oranye dan merah dengan tekstur berkuah dengan fried mandu sebagai side dish nan bertekstur renyah.

Kamu bisa menerapkan depth of field untuk menciptakan sensa kedalaman dan dimensi pada foto. Kamu bisa pakai mode Portrait pada kamera Galaxy A35 5G untuk menampilkan kedalaman melalui pengaruh bokeh nan stunning.

Smartphone ini juga didukung AI powered Portrait nan bisa menghadirkan pengaruh bokeh pada kondisi minim cahaya. Menurut Marisa, keberanian untuk bermain dengan warna, tekstur, dan depth effect bakal menciptakan visualisasi menarik, nan playful tetapi estetik.

4. Gunakan Angle Berbeda

Ada banyak langkah menghadirkan foto menarik melalui langkah pengambilan angle nan disesuaikan dengan jenis makanan nan bakal difoto. Misalnya untuk makanan nan disajikan dengan mangkok, seperti ramen, angle nan cocok adalah mengambil dari atas.

Ini lantaran angle tersebut bisa menjangkau lebih luas ke dalam makanan nan dihidangkan, sehingga visual makanan secara keseluruhan bisa tertangkap kamera.

Misalnya, jika makanan nan diambil adalah kimbap dengan komposisi warna menarik, Anda bisa mengambil foto dengan angle nan umum untuk dipakai dalam food photography komersial, ialah angle 45 derajat untuk hasil tampilan kimbap lebih jelas dan menarik.

"Hindari memotret hidangan dari depan alias angle dari bawah, karena foto makanan jadi kurang menarik lantaran tekstur makanan jadi kurang menonjol. Tipsnya, visualisasikan kamera smartphone sebagai POV mata Anda nan bakal mengabadikan menu makanan nan diinginkan," kata Marisa.

5. Edit Foto

Kalau sudah ambil foto makanan tetapi merasa hasilnya kurang maksimal, Anda bisa menggunakan tool penyuntingan nan ada di Galaxy A35 5G. Misalnya Photo Remaster dan Object Eraser.

Photo Remaster secara otomatis bakal meningkatkan kualitas kecerahan, kontras, dan saturasi pada foto hingga membikin foto makanan nan Anda jepret jadi lebih menarik.

Sementara, Object Eraser bisa dipakai untuk menghapus obyek nan tidak diinginkan dari sebuah foto. Misalnya bocornya obyek nan tidak diinginkan, bayangan, hingga pantulan foto.

"Tool penyuntingan di Galaxy A35 ini cukup andal meningkatkan kualitas foto makanan, tanpa bikin repot. Hanya beberapa klik untuk meningkatkan kecerahan dan kontras demi menonjolkan keragaman warna, sorotan, dan gambaran serta meningkatkan intensitas warna, sehingga foto bakal kian menggugah selera," kata Marisa.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6