5 Hal yang Bikin Android Lemot dan Solusinya

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, smartphone menjadi device nan tidak tergantikan lantaran dipakai dalam aktivitas sehari-hari.

Namun, HP lemot kerap membikin kekecewaan penggunanya. Bagaimana tidak, jika HP lemot, produktivitas kerja si pemilik bakal terganggu.

Ada perihal nan perlu dipahami, meski penurunan keahlian smartphone bukanlah sesuatu nan dapat dicegah seiring usia perangkat, ada banyak perihal nan bisa dilakukan untuk me-refresh smartphone Android Anda dan memperpanjang usia pakainya.

Untuk itu, Anda perlu tahu dulu apa saja hal-hal nan bisa membikin HP Android lemot, yuk cek di sini, dikutip dari Gizchina, Selasa (2/4/2024).

1. Kelebihan Cache

File sementara namalain cache kerap bertambah sering penggunaan aplikasi. Meski tujuan utamanya adalah untuk mempercepat pemuatan aplikasi di smartphone dengan langkah menyimpan info nan sering diakses, cache yang besar bisa menghalang kinerja.

Solusinya, Anda bisa membersihkan cache secara berkala. Ini menjadi strategi nan sederhana namun efektif. Caranya, Anda bisa masuk ke Setting di Android, lampau menavigasikan ke Aplikasi.

Lalu, Anda dapat memilih aplikasi secara satu per satu untuk mengelola penyimpanan info dan info cache mereka.

Alternatifnya, tool seperti Google Files bisa membantu pengguna membersihkan cache beberapa aplikasi secara sekaligus.

Jika Anda mau performa smartphone Android Anda lebih lancar, cobalah menghapus kelima aplikasi ini.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2. Software Usang

Mengabaikan pembaruan software merupakan kesalahan nan sering tidak disadari. Padahal, update software kerap mencakup peningkatan kinerja, perbaikan bug, dan patch keamanan.

Android nan menjalankan sistem operasi lawas rentan terhadap masalah keahlian dan kerentanan keamanan.

Solusinya, jadikan pembaruan OS di Android sebagai prioritas nan kudu dilakukan. Pembaruan kerapkali mencakup optimasi kinerja, perbaikan bug, hingga patch keamanan nan diperbarui.

Untuk periksa pembaruan software pilih Pengaturan > Sistem > Update Sistem.

3. Kelebihan Animasi

Animasi memang bisa menarik visual perangkat Android kamu. Meski memberikan kontribusi pada pengalaman pengguna secara halus, penerapan animasi juga bisa mengonsumsi sumber daya sistem nan berharga.

Menonaktifkan alias mengurangi intensitas animasi pun dinilai bisa memberi peningkatan keahlian pada Android.

Solusinya, Anda bisa mengatur animasi. Untuk solusi lebih teksis, pertimbangkan untuk atur ulang animasi. Hal ini memerlukan aktivasi Opsi Pengembang.

Caranya, masuk ke Setting > Informasi Ponsel, ketuk opsi nomor build tujuh kali dengan cepat.

Setelah diaktifkan, Anda bisa kembali ke Setting dan menemukan pada Opsi pengembang. Dalam bagian tersebut, terdapat opsi mengatur skala Animasi Windows, Skala Animasi Transisi, dan Skala Animator.

Nilainya bisa diturunkan alias dinonaktifkan sepenuhnya untuk menyederhanakan pengalaman visual dan meningkatkan kinerja.

4. Ruang Penyimpanan Habis

Ketika smartphone menyimpan data, aplikasi, foto, video, musik dan file lainnya, ruang penyimpanannya semakin berkurang.

Ketika ruang penyimpanan habis, kegunaan sistem nan krusial pun melambat.

Solusinya, kosongkan ruang penyimpanan. Tinjau aplikasi di ponsel dan hapus nan tidak dipakai.

Selain itu, jelajahi file nan telah Anda unduh dan hapus konten nan tidak diperlukan.

Tool seperti Google Files bisa membantu Anda memvisualisasikan penggunaan penyimpanan dan mengidentifikasi area nan bisa diperbaiki.

5. Masalah Jaringan

Penting untuk mempertimbangkan hubungan jaringan ketika bicara tentang perangkat Android nan melemot.

Kalau Anda hanya merasa terjadi lemot saat menjelajah internet, mungkin masalahnya ada di hubungan WiFi alias info seluler kamu.

Solusinya, Anda bisa mendiagnosis masalah jaringan. Jika kecepatan lambat hanya terjadi saat jelajah web, periksa hubungan HP Android kamu.

Jalankan tes kecepatan menggunakan tool terpercaya, misalnya aplikasi Speedtest by Ookla alias lainnya.

Jika hasilnya menunjukkan hubungan lemot, coba Anda restart router. Jika masalah ini tetap berlanjut, Anda bisa hubungi penyedia jasa internet jika diperlukan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6