305 Investor Rebutan Bangun IKN Nusantara, Ini Rinciannya!

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) telah menerima 305 surat pernyataan minat alias letter of intent (LOI) untuk ikut berinvestasi dalam proyek pembangunan IKN.

Deputi Bidang Pembiayaan & Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, mengatakan sebagia besar surat pernyataan minat tersebut berasal dari penanammodal dalam negeri, dan sisanya dari investor asing.

"Kita bisa lihat nan menunjukkan sebaran minat dari para penanammodal di seluruh bumi nan ada dari situ terlihat memang paling banyak itu penanammodal Indonesia, dari 305 (LOI) nan 172 (LOI) itu penanammodal merah putih," kata Agung dalam Konferensi Pers Update Pembiayaan & Investasi di IKN, secara daring, Senin (20/11/2023).

Dalam paparannya, dirinci dari 305 surat pernyataan minat tersebut terdiri dari Indonesia 172 LOI, Singapura 27 LOI, Jpang 25 LOI, Malaysia 19 LOI, China 19 LOI, Korea Selatan 9 LOI, Amerika Serikat 7 LOI, Finlandia 3 LOI, Spanyol 3 LOI, Uni Emirat Arab 2 LOI, Thailand 2 LOI, Jerman 2 LOI, dan lainnya 18 LOI.

"Jadi, jika 172 dari 305 ini adalah merah putih maka sisanya tentunya sekitar 133 itu adalah penanammodal asing dan bisa dilihat sebarannya nan paling banyak pula dari Asia, Singapura, Jepang, Malaysia Korea tapi juga ada Amerika dan negara-negara Eropa, negara Timur Tengah dan lain-lain," ujarnya.

Agung mengakui bahwa penanammodal domestik dinilai sangat sigap dalam menindaklanjuti pernyataan minat terhadap IKN, dibandingkan penanammodal asing.

"Jadi, memang terlihat gimana kecepatan para penanammodal domestik. Itu terlihat tahapan-tahapan gimana investasi dilakukan mulai dari surat minat alias LOI sampai kepada kesepakatan," ujarnya.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6