300 Investor Minat Bangun IKN, Jokowi: Kita Dahulukan dari Dalam Negeri

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan bahwa minta investasi asing di megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sangat tinggi. Tercatat, sampai saat ini sudah ada pengajuan 300 surat minat investasi alias letter of intent (LoI) dari investor asing.

Namun, Jokowi memilih untuk mendahulukan minat penanammodal dalam negeri dulu untuk membangun IKN.

"Di semua negara, kita menyampaikan progres IKN, investasi apa nan terbuka dan banyak nan berminat. Tetapi kan sampai sekarang sudah lebih dari 300 LoI nan sudah ditandatangani," kata Presiden Jokowi dikutip dari Antara, Senin (20/11/2023).

Meski baru sebatas minat, tapi Presiden Jokowi memperkirakan minat investasi asing di IKN setiap hari tetap bakal terus bertambah. "Saya kira sampai saat ini nan riil untuk memulai memang belum, tapi dengan tumpukan LOI sebesar itu masa satu saja ndak," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan hingga saat ini pemerintah tetap memprioritaskan minat kalangan penanammodal dalam negeri di pembangunan IKN.

"Saya kira bakal banyak, hanya kita dahulukan dulu penanammodal dari dalam negeri terlebih dahulu," katanya.

Buktikan Ketertarikan Dunia, Otorita IKN Teken 5 Kerja Sama saat Lawatan di AS

Sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) melakukan lawatan upaya di San Francisco, Amerika Serikat (AS), sepekan ini. dalam kunjungan ini, Otorita IKN sukses melahirkan total 5 kesepakatan kerjasama dalam corak MoU dengan beragam perusahaan dan lembaga pendidikan.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, kelima MoU ini menunjukkan kesukaan dan kepercayaan bumi internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern nan cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif.

"Keaktifan OIKN dalam mengundang seluruh kalangan dalam berperan-serta dan berinovasi dalam membangun IKN sebagai living lab merupakan langkah mewujudkan IKN sebagai kota bumi untuk semua," jelas dia dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11/2023).

Bambang pun merincikan, di hari pertama kunjungan Senin, 13 November 2023, telah dilaksanakan penandatanganan MoU dengan tiga perusahaan teknologi ternama dari AS. Ketiga perusahaan tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Selanjutnya, pada tanggal 14 November 2023, penandatanganan MoU dengan Microsoft.

"Keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai corak partisipasi perusahaan dunia dalam pembangunan kota pandai di IKN," kata dia.

Cisco

Cisco adalah perusahaan nan mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan jasa solusi teknologi. Cisco bakal berperan-serta dalam instalasi perangkat kota pandai seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan info dan info di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini bakal berfaedah bagi beragam solusi teknologi pandai seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, gedung pintar, dan pengelolaan kota.

Autodesk dan ESRI

Autodesk adalah perusahaan nan memproduksi beragam perangkat lunak dan menyediakan jasa solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur. Autodesk bakal berperan-serta dalam membantu OIKN dalam merancang kota nan layak huni dan dicintai.

Teknologi Autodesk bakal membantu peningkatan keahlian perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan prasarana nan meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem info geospasial. ESRI bakal berperan-serta dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan info spasial.

Melalui teknologi info geospasial tersebut, dapat membantu OIKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.

Hal ini bakal membantu OIKN dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota. Pemanfaatan info dan info geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi akibat bencana, dan lain sebagainya.

Microsoft dan Standford

Microsoft adalah perusahaan sistem operasi dan perangkat lunak komputer. Microsoft bakal berperan-serta dalam proses transformasi digital di IKN. Dengan percepatan transformasi digital, maka peningkatan produktivitas dan daya saing dapat dicapai melalui penyediaan pelayanan nan lebih cepat, mudah, dan efisien.

Microsoft bakal berperan-serta dalam proses transformasi digital IKN melalui pengembangan solusi kota pandai dalam beragam aspek pengelolaan kota, pengembangan prasarana digital pusat info dan cloud computing nan kondusif dan berketahanan, serta peningkatan inisiatif pendidikan literasi digital dan keahlian komputer bagi masyarakat.

Terakhir dalam lawatan di San Francisco, ditekennya MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Universitas kelas dunia, Standford ialah dengan Standford Doerr School of Sustainability untuk pusat riset dan penelitian serta penemuan di IKN dan ke depan adalah penjajakan dibangunnya kampus Standford di IKN.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6