3 Negara Ini Gratiskan Tarif Jalan Tol saat Libur Lebaran

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Libur nasional dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Libur Lebaran telah menjadi tradisi nan dirayakan di negara-negara kebanyakan masyarakat muslim.

Libur Idul Fitri kerap disambut dengan pergerakan besar masyarakat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman, alias nan umum dikenal sebagai aktivitas "mudik".

Di sejumlah negara, periode mudik Lebaran disambut pemerintah dengan menyediakan pembebasan tarif jalan tol, untuk mendudung masyarakat berjalan selama berlibur.

Baru-baru ini, Malaysia mengungkapkan bakal memberlakukan bebas tarif pada jalan tol pada tanggal 8 dan 9 April untuk pengguna kendaraan pribadi, dalam rangka menyambut seremoni Hari Raya Idul Fitri alias libur Lebaran di negara itu.

Berikut adalah sederet negara nan membeberlakukan pembebasan tarif jalan tol selama libur lebaran, disusun dari beragam sumber pada Kamis (4/4/2024):

Malaysia

Menteri Pekerjaan Umum Malaysia, Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengatakan bahwa tarif cuma-cuma jalan tol bakal diberlakukan di seluruh gerbang tol di Malaysia, selain nan berada di perbatasan negara, ialah Tol Gedung Sultan Iskandar (BSI) dan To Plaza Tanjung Kupang di Johor.

Dia mengatakan, periode bebas tarif jalan tol bakal dimulai pada tanggal 8 April (Senin) dan berhujung pada pukul 23.59 waktu setempat pada tanggal 9 April (Selasa), dengan alokasi kompensasi sebesar 37,6 juta Ringgit.

"Dengan adanya pembebasan tol ini, diharapkan jumlah kendaraan meningkat 2,46 juta per hari di seluruh jaringan jalan tol," ungkap Nanta, dikutip dari Bernama, Rabu (3/4/2024).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber Bisnis LP6
Bisnis LP6