15 Tips Produktif Pakai Galaxy Z Fold5 dengan Fitur Gesture dan Shortcut, Dijamin Tambah Multitasking

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Z Fold5 tak sekadar menawarkan kreasi layar lipat nan penuh gaya. Bagi penggunanya, Galaxy Z Fold 5 juga bisa membantu ber-multitasking untuk mendukung produktivitas. 

Saat berada di mana pun, pengguna tetap bisa bekerja dengan cekatan berbekal ponsel layar lipat Samsung generasi terbaru ini. 

Tentunya, semua tidak lepas dari fitur-fitur nan memang dihadirkan Samsung untuk membantu meningkatkan produktivitas meski dengan perangkat nan begitu compact. 

Namun untuk ber-multitasking dengan smartphone seharga mulai dari Rp 24,9 juta ini, pengguna tentu perlu tahu fitur-fitur apa saja nan kiranya bakal mendukung kebutuhan mereka. 

Agar tak bingung, berikut Tekno Liputan6.com sajikan sejumlah fitur gesture Galaxy Z Fold 5 dan shortcut nan perlu dijajal pengguna di Galaxy Z Fold 5 mereka. 

1. Drag and Drop

Galaxy Z Fold 5 mendukung multitasking dengan beragam fitur nan dimilikinya. Salah satunya adalah drag and drop. Fitur ini memang kelihatannya simpel, tetapi sebenarnya sangat berfaedah untuk mempermudah aktivitas.

Misalnya jika Anda mau mengirim sejumlah foto ke kawan melalui aplikasi pesan, Anda bisa pakai fitur drag and drop.

Cara kerjanya, Anda bisa pilih sejumlah foto di Samsung Galaxy Z Fold5, lampau tekan dan tahan. Dengan jari lain, Anda bisa buka aplikasi WA di split screen, Anda bisa geser foto nan sudah dipilih itu langsung di drop di kontak nan mau dikirimi foto.

Kamu juga bisa mengkopi dan paste teks lampau kirim ke rekan kerja. Misalnya Anda bisa buka tulisan dari naskah buatan ChatGPT, lampau copy tulisan tersebut dengan langkah menyeret dan tahan tulisan.

Kemudian, di sisi layar buka aplikasi WA dan drag tulisan nan mau dikirimkan ke kontak nan dituju.

Tak hanya di WhatsApp, Anda juga bisa copas dengan langkah tekan dan tahan lampau drop ke aplikasi pemrosesan tulisan nan lain.

2. Split Tabs di Browser

Untuk pekerjaan multitasking lewat HP alias tablet, kadang Anda perlu membuka lebih dari dua tab di sebuah browser. Nah, di perangkat Galaxy Z Fold5 ini, Samsung juga hadirkan keahlian split tabs untuk mendukung pengguna membuka beberapa tab browser dengan leluasa. 

Bagaimana caranya? Misalnya Anda sedang buka browser Chrome, lampau Anda mau klik sebuah link tetapi tidak mau menutup lembar browser nan sedang Anda buka. 

Kamu hanya tinggal tekan dan tahan sebuah link, lampau bakal muncul pop up. Di sana bakal ada pilihan Open in New Window. Nantinya, link tersebut bakal terbuka di jendela browser baru, sehingga Anda keduanya bisa sama-sama terbuka bersebelahan. 

Tentunya perihal ini bakal memudahkan si pengguna nan mau membuka dua alias lebih tab tanpa kudu bolak kembali minimize jendela browser kan?

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengenggam langsung ponsel baru Samsung Galaxy S23 series nan terdiri dari Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra. Seperti apa penampilan HP Android baru milik Samsung ini? Simak video singkatnya. C...

3. Ada Aplikasi Tak Bisa di Split Screen, Pakai Menu Advanced Features

Pernahkah Anda mau membagi layar untuk dua aplikasi tetapi rupanya salah satu aplikasi tidak mendukung fitur split screen? Jangan sedih, Anda bisa pakai Advanced Features namalain Fitur Lanjutan di Galaxy Z Fold 5. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka semua aplikasi secara split screen. Itu artinya, layar bakal bisa membuka dua aplikasi alias lebih. 

Ambil contoh aplikasi Netflix. Karena memang untuk menonton film, Netflix memang tak memungkinkan pengguna membukanya berbarengan dengan aplikasi lain di satu layar.

Tapi ada kondisi Anda mau membikin ulasan sebuah film, jadi kudu sembari buka misalnya aplikasi Samsung Notes.  Tenang, semua bisa dilakukan pakai Advanced Features. Caranya, Anda tinggal masuk ke Setting, lampau gulir ke bawah dan temukan fitur berjulukan Advanced Features. 

Dari situ, Anda bisa menemukan menu Labs, pilih serta aktifkan menu Multi window for all apps. Kalau menu ini sudah aktif, dijamin Anda bisa membuka Netflix di split screen berbarengan dengan aplikasi lain. 

Menu Labs juga mungkinkan pengguna untuk menampilkan layar penuh saat mode split screen. Pengguna tinggal mengaktifkan kegunaan Full screen in Split screen di Labs. 

4. Gesture Swipe untuk Aktifkan Split Screen

Gesture alias usapan tangan ke layar Galaxy Z Fold5 rupanya bisa mendukung pengalaman pengguna ber-multitasking. Salah satunya adalah memakai gesture swipe untuk aktifkan split screen. 

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa buka Advanced Features di bawah Setting. Selanjutnya pilih Labs, dan masuk ke menu Multi window, dari situ, pengguna bisa aktifkan saklar Swipe for split screen. 

Dengan begitu, misalnya pengguna sedang buka WA alias aplikasi tertentu dan mau buka aplikasi lainnya, mereka hanya tinggal usap layar ke arah atas. Selain usap layar ke atas, pengguna juga bisa usap layar ke sisi kanan untuk membagi layar jadi dua aplikasi. 

5. Tutupi dengan Telapak untuk Matikan Layar

Selama ini jika mau mematikan layar ponsel, apa nan Anda lakukan? Tentu saja dengan menekan tombol power sebanyak satu kali. Kadang, ada juga nan membalik ponsel mereka agar tak mengganggu aktivitas nan butuh konsentrasi.

Namun Anda perlu tahu, Galaxy Z Fold5 punya fitur gestur nan begitu praktis untuk mematikan layar, ialah dengan menutupkan telapak tangan ke layar. 

Caranya di menu Setting, buka Advanced Features, lampau pilih dan aktifkan saklar pada menu Palm touch to turn off screen. Cara ini tak hanya bisa Anda pakai saat ponsel dalam keadaan terlipat. Saat smartphone dalam mode layar terbuka penuh pun Anda bisa melakukan perihal nan sama. 

Fitur Rahasia di S Pen

Bukan hanya gesture, pengguna Galaxy Z Fold5 juga bisa melakukan beragam perihal multitasking dengan support S Pen smartphone ini. Apa saja?

6. Double Tap S Pen di Layar untuk Buka Aplikasi

Kamu bisa instal aplikasi Good Lock nan ada di Samsung Stores untuk membikin pengalaman Galaxy Z Fold5  Anda jadi lebih personal. 

Di aplikasi ini, ada menu Pentastic agar memudahkan penggunaan S Pen. Salah nan bisa dilakukan adalah dengan shortcut Double tap shortcut. 

Kemudian, di sana Anda bisa buka aplikasi nan diinginkan, ambil contoh WhatsApp. Lanjut, kembali ke Home dan lihat gimana fitur ini begitu berguna. 

Kamu hanya tinggal perlu ketuk dua kali di layar, lampau dengan penuh magic, aplikasi WA pun bakal terbuka. 

Cara ini bukan hanya bisa dipakai untuk WhatsApp, tetapi aplikasi apa pun nan mau Anda buka hanya dengan ketuk layar dua kali pakai S Pen. 

7. S Pen bukan hanya untuk dipakai di Samsung Notes

Fungsi S Pen di Galaxy Z Fold5 rupanya tak hanya untuk coret-coret di Samsung Notes. Berkat kolaborasinya dengan Wacom, S Pen Galaxy Z Fold 5 memungkinkan pengguna untuk lebih imajinatif sekaligus produktif dari layar 7,6 inci Galaxy Z Fold5. 

Pengguna bisa memakai S Pen untuk menggambar di aplikasi Sketchbook. Aplikasi ini bisa dipakai gratisan, sehingga pengguna bisa membikin layout alias sketching apa pun sesuai keinginan, secara profesional. 

8. Kustomisasi Layar Biar Makin Personal

Kadang orang tak mau pusing dengan tampilan layar ponsel mereka. Padahal, layar Galaxy Z Fold5 bisa dikustomisasi hingga menampilkan kepribadian si pemiliknya. 

Salah satunya adalah kustomisasi melalui layar dalam. Misalnya, Anda bisa memakai sebuah video favorit untuk lockscreen background. Setelah itu, pengguna juga bisa kustomisasi font alias corak huruf dan warna tulisan untuk jam serta tanggal alias clock styles. 

Bukan hanya itu, shortcut alias pintasan aplikasi di Galaxy Z Fold5 juga bisa diubah-ubah sesuai keinginan. 

Terlepas dari itu, jika pengguna mau personalisasi layar perangkatnya secara revolusioner, mereka juga bisa memanfaatkan aplikasi Good Lock. 

Buka aplikasi, lampau pilih menu Lock Star. Pengguna bisa mengaktifkan elemen-elemen auto lock, misalnya auto layout untuk menampilkan beragam widget di lockscreen. Widget nan ditampilan di layar dalam (saat ponsel dibuka) ini pun bisa disesuaikan ukurannya. 

Kalau Anda mau menyamakan tampilan di cover screen dengan layar dalam juga bisa. Caranya Anda atur dulu tampilan cover screen nan diinginkan, misalnya dengan menambahkan galeri di cover screen. 

Kemudian, Anda tinggal ketuk layar dan tahan, lampau buka menu Setting dari layar dalam dan pilih menu Cover screen mirroring serta aktifkan dengan meng-on kan opsi ini. 

9. Kustomisasi Tampilan Panggilan dari Kontak Tertentu

Pengguna Samsung bisa mengkustomisasi tampilan panggilan di ponsel mereka, termasuk di Galaxy Z Fold5. Caranya, masuk ke menu Panggilan (Phone) lampau pilih Contact nan diinginkan. 

Lalu, di bawah nama kontak tertentu nan mau dikustomisasi, pilih More dan pilih menu Edit call background. Pada bagian background, pengguna Galaxy Z Fold 5 bisa pilih gambar apa pun nan mereka inginkan (termasuk gambar dari galeri) untuk jadi layar belakang saat si kontak tertentu menelepon. 

Kamu bisa mengatur kustomisasi layar panggilan secara berbeda untuk semua daftar kontak di ponsel Anda alias hanya untuk orang tertentu.

10. Kustomisasi style notifikasi pop-up

Bukan hanya itu, pengguna juga bisa mengatur notifikasi nan masuk sesuai dengan style mereka. Misalnya, sinar tepian pop-up berwarna pelangi alias apa pun. Caranya, buka Setting > Notifikasi > pilih Edge screen lighting. 

Trik untuk Kamera

11. Multiple Selfie dengan Kamera Utama

Kamu bisa selfie dengan kamera utama alias nan sekarang dikenal sebagai 'selfie Gen Z'. Cara ini dianggap bisa hasilkan foto selfie lebih bening daripada pakai kamera depan. 

Namun ada trik rahasia nan bisa dilakukan untuk menambah keseruan foto selfie. Salah satunya dengan buka aplikasi Good Lock, kemudian pilih menu Camera Assistant. Lalu, pilih opsi Timer multi-photo. 

Dengan ini, intinya Anda bisa memilih berapa banyak foto nan mau dijepret dengan waktu alias interval nan bisa diatur tiap jepretan. Untuk menjajalnya, Anda bisa masuk ke kamera dan pilih timer dan aktifkan mode foto kamera utama. 

Cover screen Anda bisa menampilkan tampilan foto selfie dari kamera utama secara realtime. Setelah pengaturan di atas, Anda bisa memakai palm gesture alias telapak tangan untuk timer selfie. 

Dengan mengatur ke opsi di atas, Anda bisa mendapatkan lebih dari satu foto dalam sekali jepretan, sesuai nan sudah diatur. 

12. Asisten untuk Zoom Foto

Kalau Anda suka mengambil foto zoom in, mungkin Anda sadar di Samsung Galaxy S23 series view finder nan bakal memperlihatkan bagian besar sebuah objek nan di-zoom. 

Nah, uniknya Galaxy Z Fold 5 juga bisa lakukan perihal nan sama melalui fitur rahasia berjulukan Zoom Asist alias Asisten Zoom.

Caranya, Anda bisa buka layar ponsel kemudian aktifkan kamera. Lalu di sisi kanan bakal ada ikon capture view (bentuknya kotak nan mirip dengan buku). 

Kamu bisa zoom kamera hingga maksimal zoom, kemudian layar capture view bakal memperlihatkan bagian besar objek. Sementara layar sebelah kanan bakal memperlihatkan objek nan tengah di-zoom. 

Pemilik Galaxy Z Fold 5 Wajib Tahu

13. Taskbar

Menu ini ada di Setting > Display > Taskbar > aktifkan. Lalu di bawahnya ada opsi 'perlihatkan aplikasi-aplikasi terkhir nan dipakai'. Kalau Anda mengaktifkannya, di taskbar bakal muncul sejumlah aplikasi nan baru dipakai. 

Kamu bisa mengatur berapa banyak aplikasi baru dipakai nan muncul di taskbar, maksimal 4 aplikasi terakhir nan baru dipakai. 

Lalu di bagian taskbar nan ditampilkan di bagian bawah layar, muncul deretan aplikasi nan sedang alias baru dibuka. Misalnya WhatsApp, YouTube, Netflix, dan lainnya. Menu taskbar ini memudahkan Anda beranjak antaraplikasi dengan cepat, tanpa ribet. 

14. Lanjutkan buka aplikasi saat pakai Cover Screen

Salah satu perihal nan mungkin dikeluhkan pengguna ponsel layar lipat adalah, saat sedang buka aplikasi di layar dalam kudu terhenti lantaran ponsel dilipat. 

Jadi jika mau buka aplikasi nan sama, kudu membuka dari awal di cover screen. Keribetan seperti ini tak perlu terjadi jika Anda aktifkan menu "Continue apps on cover screen."

Caranya, buka Setting > Display > Continue apps on cover screen. Dari sini, Anda bisa pilih semua aplikasi untuk terus bisa dibuka di cover screen saat Anda menutup perangkat. Jadi, misalnya Anda sedang asik nonton YouTube di layar dalam tetapi kemudian menutup layar, Anda tetap bisa lanjut menonton YouTube di cover screen. 

15. Flex Mode

Salah satu kelebihan Galaxy Z Fold5 dibanding HP Samsung lainnya adalah Flex Mode. Flex Mode memungkinkan pengalaman pengguna saat pakai smartphone ini jadi lebih smooth dan multitasking. 

Caranya, masuk ke Setting > Advanced Features > Labs > Flex Mode Panel dan aktifkan. Pada bagian bawah dari opsi ini, Anda bisa memilih aplikasi-aplikasi apa saja nan bakal ditunjukkan ke panel Flex Mode secara otomatis. 

Pastikan untuk mengaktifkan semua aplikasi agar bisa dibuka melalui Flex Mode. Imbasnya? Saat Anda membuka Galaxy Z Fold5 Anda dan menaruhnya seperti corak laptop,  tampilan galeri bakal memunculkan flex panel nan memudahkan Anda scroll gambar-gambar hanya dengan geser-geser layar bagian bawah. 

Selain itu, flex panel juga memungkinkan pengguna mengedit foto hanya dengan menyentuh alias geser layar bagian bagian bawah dengan jari. 

Kalau sedang buka browser, layar bagian bawah ini juga bisa disentuh ke atas bawah untuk scrolling. Saat sedang membuka YouTube, layar bagian bawah dari flex panel ini bisa dipakai untuk mengatur volume hanya dengan geser jari ke atas dan bawah hingga mengatur untuk pause alias play. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber Teknologi LP6
Teknologi LP6